Dua Titik Api di Gunung Sumbing Belum Berhasil Dipadamkan

PERISTIWA | 27 September 2019 03:34 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah menilai masih ada dua titik api yang belum dipadamkan dalam kebakaran di Gunung Sumbing.

"Saya cek lokasi masih nyala api di Desa Banaran. Tensi masih kecil hanya dua titik," kata Kepala BPBD Jawa Tengah, Sudaryanto saat dikonfirmasi, Kamis (26/9).

Proses memadamkan titik api di Gunung Sumbing melibatkan satu tim yang terdiri dari 14 relawan. Masing-masing tim bertanggungjawab memadam satu titik api.

"Setiap hari dikirim 14 relawan di masing-masing titik api," jelasnya.

Tim BPBD mendapat personel tambahan tenaga dari tim yang baru selesai memadamkan kebakaran di Gunung Sindoro. Diketahui, dua gunung tersebut memiliki jarak yang cukup berdekatan. "Yang jelas di Sumbing, api masih nyala, belum padam," ujarnya.

Sudaryanto menambahkan di Jateng, beberapa gunung memang sempat mengalami kebakaran. Selain Sumbing, kebakaran juga terjadi di Gunung Slamet, Gunung Sindoro dan Gunung Merbabu.

"Kalau Gunung Slamet lumayan padam. Tinggal bara api, hari ini tim berusaha mendatangi lagi untuk proses pemadaman. Sindoro kemarin sudah selesai. Merbabu masih menyala di tebing, mudah-mudahan hari ini selesai," tutup Sudaryanto.

Baca juga:
60,4 Hektare Hutan Gunung Semeru Terdampak Kebakaran
Total Area yang Terbakar di Gunung Semeru Mencapai 20 Hektare
Gunung Semeru Ditutup Total Akibat Kebakaran di Dekat Ranu Kumbolo
5,5 Hektare Hutan Lindung di Lereng Gunung Sumbing Terbakar
Ketua DPR Desak KLHK Bentuk Gugus Tugas Pencegahan Karhutla
Galang Bantuan untuk Korban Asap, Jurnalis Gelar Aksi Sosial di Bundaran HI

(mdk/ray)

TOPIK TERKAIT