Dukung Program Kapolri, Polisi Tanam 200 Pohon di Bukit Teletubbies Jayapura

Dukung Program Kapolri, Polisi Tanam 200 Pohon di Bukit Teletubbies Jayapura
PERISTIWA | 6 Januari 2020 21:52 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Polres Jayapura bersama Komunitas Gowes Papua menanam 200 pohon di Bukit Teletubbies Doyo Lama Distrik Waibu Kabupaten Jayapura dalam mendukung program Kapolri yaitu 'Polri Peduli Penghijauan'. Acara itu dipimpin oleh Irwasda Polda Papua Kombes Pol Drs. Mulyadi Kaharni, M.Si Selaku Ketua Komunitas Gowes Jayapura.

Acara ini juga dihadiri oleh Karo SDM Polda Papua, Kabid Humas Polda Papua, Kapolres Jayapura, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, dang kurang lebih 260 orang yang terdiri dari 157 anggota Polres Jayapura dan 103 anggota Goweser komunitas Jayapura.

"Ini akan kita lakukan secara berkelanjutan, tentunya tujuannya untuk menjaga alam pada prinsipnya kalau kita jaga alam maka alam juga akan menjaga kita, memang tidak terlihat sekarang namun bila dijaga terus dan dipelihara mungkin 10 atau 20 tahun ke depan akan bermanfaat bagi anak cucu kita," ujar Mulyadi Kaharni, Senin (6/1).

Mulyadi mengatakan setiap personel Polri wajib menanam pohon, bisa di mana saja dari lingkungan markas kepolisian, di halaman rumah ataupun di ruang-ruang yang memang dilihat bahwa ada ancaman bencana yang cukup tinggi.

"Di mana saja yang perlu dan bisa ditanami, terutama daerah yang rawan longsor, misalnya di jalan Sentani Timur yang berada di kaki gunung, lereng - lereng tersebut akan kita tanam jenis tanaman merambat atau yang berakar serabut, nanti pada tanggal 10 Januari 2020 akan dilaksanakan serentak juga oleh jajaran Polri di seluruh Indonesia," jelas dia.

"Kita juga sudah siapkan dan dibantu 1.000 bibit pohon, tentunya kita akan bermitra dengan pemerintah, TNI maupun stake holder lainnya yang ada di Kabupaten Jayapura, sehingga program ini bisa menjadi program sinergitas, bersama - sama kita peduli terhadap lingkungan," tambah dia.

Irwasda Polda Papua berharap gerakan peduli lingkungan ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat di tanah Papua khususnya di Jayapura agar lingkungan menjadi asri dan daya serapan air semakin tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya banjir, Tanah longsor dan bencana alam lainnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Ridwan Kamil Wacanakan Pasangan Bercerai Diwajibkan Tanam 100 Pohon
Ribuan Tanaman Produktif dan Pohon Pelindung Ditanam di Pekanbaru
Hari Pohon Sedunia dan Ironi Pohon di Jakarta
Ganti Pohon Angsana, DPRD DKI Usulkan Tanam Pohon Kurma
Panggil Kadis Kehutanan, Ketua DPRD DKI Minta Penebangan Pohon Disetop
Menanam 5 Pohon Tiap Tahun Demi Melestarikan Hutan di Kalimantan Timur

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami