Dukung Wisata di NTT, Pemerintah Bangun Infrastruktur Digital dan Smart City

Dukung Wisata di NTT, Pemerintah Bangun Infrastruktur Digital dan Smart City
Menkominfo Johnny G. Plate. ©2020 Merdeka.com
NEWS | 16 Desember 2021 23:04 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah tengah mempercepat digitalisasi sektor pariwisata dengan membangun infrastruktur digital untuk mendorong kebangkitan pariwisata di Indonesia. Salah satunya di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan, pemerintah membangun destinasi pariwisata super prioritas yang didukung dengan infrastruktur digital dan pengembangan smart city. Tentunya, hal itu menjadi bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional.

"Presiden Joko Widodo telah secara tegas menyampaikan kebijakannya untuk membangun destinasi wisata premium. Salah satu destinasi wisata super prioritas adalah Labuan Bajo atau Wilayah Flores. Dalam hal ini, tidak hanya daerah Labuan Bajo atau Pulau Komodo, tetapi juga menyangkut wilayah enklave periferal yang memberikan dukungan kepariwisataan Labuan Bajo atau Komodo itu sendiri," tutur Johnny dalam keterangannya, Kamis (16/12).

Johnny menyebut, Presiden Jokowi mengarahkan agar pembangunan pariwisata NTT menjadi pariwisata dengan kualitas tinggi.

"Jangan sampai kita mendowngrade menjadi mass pariwisata, mengulang pariwisata yang sudah ditinggalkan dunia kepariwisataan internasional. Kita mempunyai tugas untuk mendukung agar pariwisata Nusa Tenggara Timur adalah pariwisata yang mempunyai nilai ekonomi tinggi," jelas dia.

Johnny menyatakan, pihaknya berupaya menyediakan infrastruktur digital agar menjadikan pariwisata di NTT sebagai kawasan pariwisata premium. Dia pun menargetkan pada akhir Tahun 2022 mendatang, seluruh desa dan kelurahan di NTT telah mendapatkan sinyal 4G dan selanjutnya dilengkapi layanan high throughput satellite SATRIA-1 pada 2023.

"Dengan demikian maka jaringan tulang punggung untuk memberikan dukungan bagi pengembangan dan pembangunan destinasi wisata super prioritas di Nusa Tenggara Timur, yang didukung dengan pulau-pulau sekitarnya, bisa kita kelola dengan lebih baik," Johnny menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra

Baca juga:
Menkominfo Ajak Kepala Daerah Melek Digital Demi Pengembangan Smart City
Menkominfo: Presiden Minta Teknologi Informasi Mampu Dikuasai Bangsa Indonesia
Menkominfo: 678 Juta Perangkat IoT Bakal Terhubung pada 2025
Menkominfo: Tahun 2045, 82 Persen Populasi Akan Hidup di Pusat Perkotaan
Jokowi Perintahkan Menkominfo Tuntaskan RUU PDP Bersama DPR

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami