EH ajak Teman Bobol Brankas Isi USD 45 Ribu Milik Mantan Majikan

EH ajak Teman Bobol Brankas Isi USD 45 Ribu Milik Mantan Majikan
PERISTIWA | 7 September 2020 20:41 Reporter : Kirom

Merdeka.com - EH (38) dan AAS (31) membobol brankas di Apartemen Amarta Pura, Lippo Karawaci, Kabupaten Tangerang. Dari aksinya, kedua pelaku berhasil membawa kabur uang senilai USD 45 ribu atau setara Rp 800 juta. Keduanya berhasil ditangkap polisi.

"Kami amankan kedua pelaku EH (mantan sopir) dan AAS setelah korban melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Kelapa Dua. Dari hasil penyelidikan diketahui satu orang tersangka EH, adalah mantan sopir korban," ungkap Kapolres Tangsel AKBP Iman Setiawan, Senin (7/9).

Berdasarkan hasil penyelidikan polisi, EH kabur ke wilayah Sumatera. Dalam aksinya itu, EH, mengajak rekannya AAS, untuk melakukan pembobolan brankas dan menukar uang hasil curian dalam bentuk dolar ke rupiah.

Saat diamankan, kedua pelaku asal Sumatera Selatan berusaha melawan petugas, sampai akhirnya kedua pelaku ditembak Polisi.

"Dari hasil pengembangan, pelaku EH tidak bekerja sendiri, dia dibantu AAS saat mengambil uang dan penggunaan uang. Setelah menukar ke rupiah, pelaku menggunakan hasilnya membuka bengkel," terang Iman.

Selain membuka usaha bengkel, uang ratusan juta itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. "Untuk sehari-hari, buka bengkel di Lampung, beli tas, handphone dan perhiasan," terang Iman.

Dari pengungkapan tersebut, Polisi kemudian menyita sejumlah barang bukti hasil kejahatan berupa satu unit mobil Daihatsu Ayla, satu sepeda motor dan sejumlah perlengkapan perbengkelan seperti kompresor, peralatan bengkel, onderdil sepeda motor dan sisa uang senilai Rp15 juta.

Akibat perbuatannya, EH dan AAS diancam Pasal 363 KUHPidana tentang Pencurian dengan Pemberatan, ancaman hukuman pidana penjara maksimal 7 tahun. (mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami