Eks Anggota KPU Wahyu Setiawan Tunjuk 6 Kuasa Hukum Tangani Kasus Suap PAW

PERISTIWA | 17 Januari 2020 17:00 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Mantan anggota KPU Wahyu Setiawan, menunjuk enam orang kuasa hukum untuk mendampinginya menyelesaikan persoalan hukum yang sedang dihadapi. Wahyu ditetapkan tersangka kasus suap pergantian antar waktu anggota DPR.

"Itu internal kami lah, tapi kami ya ada jaringan ditunjuk dari pihak mereka (Wahyu Setiawan)," kata salah seorang kuasa hukum, Saiful Anam dilansir Antara, Jumat (17/1).

Lima advokat lain yang ditunjuk berdasarkan surat kuasa khusus bernomor 13/SKK/TH/1/2020 adalah Tony Akbar Hasibuan, Zenuri Makhrodji, Fuad Abdullah, Achmad Umar dan Ari Arfan Hasibuan.

Anam belum bisa menyampaikan langkah yang sedang diambil kuasa hukum terhadap proses yang sedang dijalani Setiawan. "Bagaimana bagaimananya nanti ya, nanti kami kirimkan rilisnya kalau terkait itu," kata dia.

1 dari 1 halaman

Sebelumnya, KPK menetapkan sebagai tersangka terkait dugaan penerimaan suap penetapan anggota DPR terpilih 2019-2020. Tak hanya Wahyu Setiawan, KPK juga menetapkan 3 tersangka lainnya dalam kasus tersebut. Yakni mantan Anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, mantan Caleg PDIP Harun Masiku, dan Saeful pihak swasta.

Pemberian suap untuk Wahyu itu diduga untuk membantu Harun dalam Pergantian Antar Waktu (PAW) caleg DPR terpilih dari Fraksi PDIP yang meninggal dunia yaitu Nazarudin Kiemas pada Maret 2019. Namun dalam pleno KPU pengganti Nazarudin adalah caleg lainnya atas nama Riezky Aprilia.

Wahyu diduga sudah menerima Rp600 juta dari permintaan Rp900 juta. Dari kasus yang bermula dari operasi tangkap tangan pada Rabu, 8 Januari 2020 ini, tim penindakan KPK menyita uang Rp400 juta. (mdk/ray)

Baca juga:
Alasan PDIP Sambangi KPU Hingga Dewan Pers Saat Kasus Wahyu Setiawan Masih Diusut KPK
Mengaku Tak Ancam Kebebasan Pers, PDIP Berencana Adukan Media Soal Berita Suap Wahyu
PDIP Klaim Tim Hukum Datang ke Dewan Pers Bukan untuk Ancam Kebebasan Pers
Wahyu Setiawan Didampingi Enam Pengacara Hadapi Kasus Suap
KPK Panggil Caleg PDIP Harun Masuki Sebagai Tersangka

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.