Eks Direktur Keuangan Jiwasraya Dituntut Penjara Seumur Hidup

Eks Direktur Keuangan Jiwasraya Dituntut Penjara Seumur Hidup
Ilustrasi jiwasraya. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani
PERISTIWA | 23 September 2020 20:36 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya, Harry Prasetyo dengan pidana kurungan penjara seumur dan denda sebesar Rp1 miliar, dengan subsider enam bulan kurungan penjara.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Harry Prasetyo terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut. Menjatuhkan pidana penjara seumur hidup terhadap Harry Prasetyo," tutur jaksa Yanuar Utomo di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat, Rabu (23/9/2020).

Kemudian, mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya, Hendrisman Rahim dituntut pidana 20 tahun penjara dan denda sebesar Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan penjara.

Sementara itu, mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Asuransi Jiwasraya, Syahmirwan dituntut pidana penjara 18 tahun dan denda Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan penjara.

JPU mempertimbangkan hal yang memberatkan dan meringankan dalam menuntut ketiga mantan pejabat PT Asuransi Jiwasrayan itu. Mereka dinilai tidak mendukung program pemerintah dalam rangka penyelenggaraan negara yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), hingga perbuatannya berimplikasi pada kesulitan ekonomi para nasabah PT Asuransi Jiwasraya.

"Hal yang meringankan, terdakwa bersikap sopan dan kooperatif dalam persidangan. Serta terdakwa belum pernah dihukum," kata Yanuar.

Reporter: Nanda Perdana Putra (mdk/ray)

Baca juga:
Mantan Dirut PT Asuransi Jiwasraya Dituntut 20 Tahun Penjara
Hari Ini, Hendrisman Cs akan Jalani Sidang Tuntutan Kasus Jiwasraya
Baru 70 Korporasi Setuju Soal Pembentukan IFG Life untuk Selamatkan Jiwasraya
Bos Bahana Sebut Ada 3 Pertimbangan untuk Selamatkan Jiwasraya
Pegawai OJK Tersangka Kasus Jiwasraya, Penyidik Periksa Eks Bos Corfina Capital

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami