Eks Ketua KPK Duga Penyerangan Novel Berkaitan dengan Kasus Korupsi

Eks Ketua KPK Duga Penyerangan Novel Berkaitan dengan Kasus Korupsi
Busyro Muqqodas. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi
NEWS | 30 Desember 2019 19:48 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Mantan Ketua KPK, Busyro Muqqodas meminta pemerintah untuk mengungkap aktor intelektual di balik penyerangan penyidik KPK, Novel Baswedan. Busyro juga meminta agar pemerintah transparan dalam menangani kasus penyerangan terhadap Novel.

"Harus dibongkar siapa aktor intelektual di balik kasus teror terhadap Novel," ujar Busyro usai diskusi 'Catatan Kritis Bidang Ekonomi, Sosial, Politik dan Hukum 2018' di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (30/12).

Busyro meragukan keterangan dari dua tersangka penyerangan terhadap Novel yaitu RM dan RB. Busyro menyangsikan jika penyerangan dilakukan karena motif dendam pribadi.

"Kalau (alasannya) sentimen pribadi kenapa ga dari dulu atau baru sekarang melakukan pengakuan. Apalagi yang ditangkap polisi aktif," ungkap Busyro.

Busyro menambahkan dirinya meyakini penyerangan terhadap Novel tak berkaitan dengan masalah atau dendam pribadi. Penyerangan terhadap Novel, sambung Busyro berkaitan dengan kasus yang ditangani Novel di KPK.

"Upaya terhadap Novel itu sama sekali justru terkait dengan peran Novel dalam pembongkaran kasus-kasus besar yang selama Novel bersama penyidik lain, tidak sendirian. Membongkar kasus-kasus besar melalui KPK," ucap Busyro. (mdk/ded)

Baca juga:
Sebelum Tangkap Dua Tersangka Penyerang Novel, Polri Sudah Terbitkan 5 SPDP
Polisi Tegaskan Dua Penyerang Novel Baswedan Ditangkap, Bukan Menyerahkan Diri
Jawaban Novel Baswedan Dituding Sebagai Pengkhianat Oleh Pelaku Penyerangan
Novel: Mana Mungkin Inisiatif Sendiri Pelaku, Enggak Masuk Akal!
Kompolnas Sebut Polri Tak Pandang Bulu Ungkap Kasus Novel Baswedan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami