Ekskavator di Tapin Kalsel Terseret Longsor hingga Masuk Jurang, Operator Tewas

Ekskavator di Tapin Kalsel Terseret Longsor hingga Masuk Jurang, Operator Tewas
Ekskavator di Tapin Kalsel terseret longsor. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 16 Januari 2021 12:09 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Marwan, pria 38 tahun ini tewas seketika saat ekskavator yang ia operasikan terseret longsor susulan di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Saat itu, ia tengah membersihkan jalan nasional antara Kandangan-Batulicin di Desa Batung, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Nahas, ekskavator yang dioperasikan Marwan terseret longsor hingga masuk jurang sedalam 20 meter. Ia ditemukan dalam kondisi tak bernyawa masih di jok kemudi.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tapin, Sofyan, Sabtu, mengatakan, alat berat itu terseret ke jurang pada Jumat (15/1) sekitar pukul 16.30 Wita dan korban baru bisa dievakuasi Sabtu dini hari pukul 00.30 Wita.

Operatornya bernama Marwan (38) warga Desa Durian Tabung, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ditemukan tidak bernyawa masih di posisi kemudi ekskavator yang tertimbun longsoran tanah di jurang sedalam sekitar 20 meter tersebut.

"Untuk alat belum tau itu milik siapa. Sekarang jalan dari Kandangan-Batulicin masih belum bisa dilalui, karena tertimbun longsoran tanah," ujarnya.

Penyebab longsornya tanah di daerah perbukitan itu akibat intensitas curah hujan tinggi yang terus mengguyur beberapa hari terakhir.

Kasi Intel Kodim 1010 Rantau, Kapten Inf Waloyo mengatakan, tanah longsor yang terjadi pada Jumat pukul 08.00 itu sebelumnya sudah dibersihkan oleh anggota Koramil 1010/07 Rantau dan jajaran Polsek Piani bersama masyarakat setempat menggunakan alat seadanya, hingga akses jalan itu bisa dilewati.

"Iya, benar kejadian itu. Setelah kami bersihkan, ekskavator dioperasikan ke lokasi itu dan terseret longsor masuk jurang," ujarnya. Seperti diberitakan Antara. (mdk/rhm)

Baca juga:
3.571 Rumah di Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan Terendam Banjir
Hari Ketiga Banjir Kalimantan Selatan, Air Makin Naik Meski Tak Hujan
Penjelasan BPPT Terkait Cuaca hingga Banjir di Kalimantan Selatan
TNI Kerahkan Prajurit hingga Alutsista Tangani Banjir di Kalsel
Lebih dari 3.000 Rumah Terendam Banjir di Kabupaten Balangan Kalsel

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami