Emil Berencana Usulkan Bodebek Masuk PSBB, Langkah Lanjutan Tunggu DKI

Emil Berencana Usulkan Bodebek Masuk PSBB, Langkah Lanjutan Tunggu DKI
PERISTIWA | 3 April 2020 22:30 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana mengusulkan Bodebek (Bogor, Depok dan Bekasi) untuk masuk dalam kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada pemerintah pusat. Ia pun menginginkan penanganan wilayah tersebut bisa berkesinambungan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Diketahui, usulan PSBB harus terlebih dahulu disetujui oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Adapun Bodebek yang menjadi salah satu fokus yang akan diusulkan karena wilayah tersebut berdekatan dengan DKI Jakarta sebagai salah satu episentrum penyebaran virus.

"Kami prioritaskan adalah kota dan kabupaten yang ada di dekat Jakarta karena harus satu cermin, kalau Jakarta Pak Anies maka Bogor, Depok, Bekasi harus sama. Kalau hanya Jakarta yang melakukan sebuah upaya tiba-tiba Bodebek nya beda tidak efektif juga," kata dia di Gedung Pakuan Bandung, Jumat (3/4).

Maka dari itu, pengajuan usulan akan disampaikan menunggu langkah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Alasannya, agar ia bisa mengikuti dan menyesuaikan langkah apa yang akan diambil oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Saya menunggu dulu arah Jakarta, kira-kira begitu. Jadi di urusan ini kami memberi prioritas Jakarta mengambil simpulan dulu. Setelah Jakarta mengambil simpulan, kami mengikuti khusus untuk Bodebek," terang dia.

Sedangkan wilayah di luar dari Bodebek masih dilakukan analisis menunggu rapid test rampung dikerjakan oleh pemerintah kabupaten kota. Sejauh ini, dari 61 ribu unit test kit yang dibagikan kepada kepada 27 kabupaten kota. Hasil sementara, sudah ada 15 ribu alat yang digunakan dengan indikasi masyarakat yang positif sebanyak 677 orang.

Baca Selanjutnya: Jabar Siapkan Anggaran Rp162 Triliun...

Halaman

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami