Enam Kali Beraksi, Dua Sahabat Spesialis Curanmor di Kampung Sendiri Ditangkap Polisi

Enam Kali Beraksi, Dua Sahabat Spesialis Curanmor di Kampung Sendiri Ditangkap Polisi
PERISTIWA | 19 September 2020 00:01 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Setelah enam kali beraksi, dua sekawan spesialis pencurian sepeda motor (curanmor), M Weni (25) dan Rahmad Bastari (25) dibekuk polisi. Keduanya mengaku tak memiliki pekerjaan sehingga memilih menjadi pencuri.

Mereka ditangkap tanpa perlawanan di rumah masing-masing yang tak berjauhan di Rumah Susun, Kelurahan 23 Ilir, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Kamis (17/9) malam. Para pelaku sebelumnya masuk dalam daftar pencarian orang.

Tersangka Weni mengaku sudah enam kali melakukan curanmor, semuanya dilakukan di sekitar rumahnya. Mereka menggunakan kunci T dan mencari motor yang terparkir di depan rumah korban pada malam hari.

"Sudah enam kali curi motor, cuma dekat rumah saja, masih di rumah susun," ungkap tersangka Weni di Mapolrestabes Palembang, Jumat (18/9).

Semua motor curian, kata dia, dijual ke seorang penadah yang tinggal di kawasan Boom Baru Palembang. Hasilnya dihabiskan untuk berfoya-foya dengan membeli pakaian, minuman keras dan narkoba.

"Kami tidak ada kerjaan, kalau lagi butuh duit incar motor untuk dicuri," ujarnya.

Kanit Ranmor Satreskrim Polrestabes Palembang Iptu Novel mengatakan, pihaknya terus mengembangkan kasus ini untuk menangkap pelaku lain dan penadahnya. Ada dugaan kawanan ini merupakan jaringan spesialis curanmor dan berbagi tugas serta kawasan beraksi.

"Nama-namanya sudah kita kantongi, sekarang masih diburu," ujarnya.

Atas perbuatan itu, kedua tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan diancam lima tahun penjara. Barang bukti disita beberapa lembar pakaian yang dibeli dari hasil curanmor.

"Catatan kami dan sesuai dengan pengakuan keduanya sudah enam kali beraksi di wilayah itu, tidak menutup kemungkinan masih ada TKP lain," pungkasnya. (mdk/bal)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami