Erick Thohir Sebut Jokowi akan Cari Lokasi Hunian Baru Bagi Korban Banjir Sentani

PERISTIWA | 1 April 2019 22:31 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo bertemu pengungsi dan meninjau lokasi bencana banjir bandang Sentani, Papua, Jayapura pada Senin (1/4). Dia menawarkan solusi relokasi warga ke daerah yang baru dan membuatkan tanggul untuk menanggulangi air kembali meluber.

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir menilai langkah capres petahana itu untuk melihat dari dekat dampak musibah dan menawarkan solusi langsung kepada masyarakat.

"Seperti saat melihat langsung bencana atau musibah di kota-kota lain, saat melihat dampak musibah di Sentani ini, Capres 01 langsung meminta kepada Gubernur dan Bupati untuk mencari lokasi bagi pengungsi agar mereka bisa segera menempati hunian yang baru," ujar Erick Thohir di Jayapura, Papua, Senin (1/4).

Erick yakin pemerintah Jokowi bakal bergerak cepat mencari lokasi baru. Pengusaha itu sependapat bahwa daerah yang terdampak memang rawan bencana.

"Saya yakin, Jokowi akan mendesak gubernur dan bupati untuk mencarikan lokasi baru. Apalagi lokasi lama memang rawan bencana sehingga harus dipindahkan. Soal lokasi, diserahkan kepada pihak pemerintah daerah. Jika sudah ditentukan dan dibebaskan pemerintah daerah, maka saya yakin pemerintah pusat yang akan membangunnya," tutur Erick.

Dia menambahkan, relokasi tersebut untuk menyelesaikan masalah jangka pendek untuk korban banjir Sentani. Solusi jangka panjangnya, kata Erick, dengan melakukan rehabilitasi cagar alam pegunungan cylcop.

"Semua itu harus dihijaukan kembali sehingga bencana tidak akan terjadi lagi," kata dia.

Baca juga:
Jokowi Akan Relokasi Rumah Korban Banjir Bandang Sentani
Jokowi Janji Segera Perbaiki Sekolah Terdampak Banjir Sentani
Jokowi akan Relokasi Korban Banjir Bandang Sentani, Minta Gubernur Papua Cari Lahan
Kunjungan Kerja sambil Kampanye, Jokowi akan Tinjau Pengungsi Banjir Sentani
Di Papua, Presiden Jokowi Dijadwalkan Temui Pengungsi Banjir & Kader

(mdk/ray)