Erick Tohir Bocorkan Strategi Presiden Jokowi Pulihkan Ekonomi

Erick Tohir Bocorkan Strategi Presiden Jokowi Pulihkan Ekonomi
PERISTIWA | 4 Agustus 2020 23:13 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Pemerintah pusat mempunyai strategi untuk memulihkan perekonomian nasional yang melesu akibat pandemi Covid-19. Salah satunya mengupayakan keterlibatan pemerintah untuk membeli produk UMKM.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang juga Menteri BUMN, Erick Thohir menjelaskan, pemulihan perekonomian menjadi satu dari sekian banyak fokus Presiden Joko Widodo.

"Nanti pak presiden akan bicara, bagaimana pemerintah hadir untuk membeli program UMKM. Apakah masker, APD, hasil perkebunan, hasil peternakan, perikanan, pertanian, nanti pemerintah akan coba beli," katanya saat melakukan kunjungan ke Biofarma, Bandung, Selasa (4/8).

Hal ini berkaitan perputaran uang dengan kepastian berlangsungnya produksi pelaku UMKM, atau memberikan berbagai keringanan bantuan kepada para pelaku UMKM. Dengan demikian, ia berharap ada peningkatan daya beli masyarakat.

"Jadi program UMKM itu sangat luar biasa, apakah bunganya ditunda, cicilannya ditunda, diberi modal kerja," ujarnya.

Hal lainnya adalah memberikan masyarakat yang ekonominya terdampak pandemi Covid-19 berupa bantuan sosial produktif. Seperti, program prakerja maupun padat karya.

"Padat karya yang akan berjalan luar biasa di tahun ini dan tahun depan, baik padat karya pangan, maupun padat karya lainnya, ini harus dijalankan," terangnya.

Di sisi lain, fokus uji klinis vaksin menjadi salah satu prioritas dalam menangani pandemi yang terjadi. Keberadaan vaksin sangat penting untuk membuat jalannya roda perekonomian bisa kembali normal.

Sebelum vaksin ditemukan, masyarakat diimbau untuk bisa menjaga diri dan orang lain dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal ini menjadi satu-satunya cara untuk menekan persebaran virus. (mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami