Exit poll internal, pasangan Risma menang telak 81 persen

PERISTIWA | 9 Desember 2015 14:47 Reporter : Moch. Andriansyah

Merdeka.com - Lembaga Survei Surabaya Consulting Group (SCG), menyebut pasangan Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana akan kembali memimpin Kota Surabaya, Jawa Timur. SCG memprediksi, pasangan calon besutan PDIP ini, menang mutlak di Pilwali Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/12).

SCG menyebut, hingga pukul 13.00 WIB, pasangan incumbent ini, hasil sementara meraih suara 81 persen, sedangan pasangan urut satu Rasiyo-Lucy Kurniasari yang diusung Partai Demokrat dan PAN, meraih suara 19 persen.

Hasil survei yang dilakukan SCG ini, menggunakan metode exit poll yang dilakukan dengan cara menanyakan langsung ke pemilih yang baru keluar dari tempat pemungutan suara (TPS). Jumlah responden yang dijadikan obyek survei berjumlah 4 ribu orang.

"Exit poll ini kita lakukan dengan cara menanyakan langsung ke responden yang baru keluar dari TPS. Apakah mereka sudah melakukan pilihan dan memilih nomor berapa?," terang Direktur SCG, Didik Prasetiyono.

Dia melanjutkan, "Dari 4 ribu responden yang tersebar di seluruh kecamatan, 81 persen mengaku memilih pasangan nomor dua (Risma-Whisnu)."

Dan hasil ini, masih kata pria yang akrab disapa Dikdong tersebut, masih akan dikros-cekkan dengan metode real count yang akan diumumkan pada pukul 16.00 WIB, bersamaan dengan konferensi pers Risma-Whisnu di Posko Pemenangan, Jalan Kapuas.

"Data ini sudah seratus persen masuk semua. Jadi, ini gambaran sementara yang akan disempurnakan dengan quick count dan real count-nya," tandas Dikdong yang juga juru bicara pasangan Risma-Whisnu. (mdk/hhw)

Baca juga:

Jika terpilih, Risma-Whisnu siapkan warga Surabaya hadapi era global

Meski bermasalah, logo Suro-Boyo tetap dipakai pasangan Rasiyo-Lucy

Risma: Banyak laporan ada politik uang

Amankan suara Risma-Whisnu, PDIP lepas 12 ribu saksi berlapis

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.