Fahri sebut saat ini Pancasila disalahgunakan untuk memecah belah bangsa

PERISTIWA | 1 Juni 2018 10:01 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyoroti hari Kelahiran Pancasila yang jatuh pada hari ini (1/6). Menurutnya di hari lahirnya dasar negara, masyarakat harus lebih memahami aspek asal usul lahirnya Pancasila.

"Jadi kelahiran Pancasila hari ini harus ditekankan pada aspek bagaimana dia lahir sehingga kita jadi memahami secara komprehensif," kata Fahri pada wartawan, Jumat (1/6).

Lanjutnya, pemahaman aspek kelahiran Pancasila sangatlah penting terutama bagi politisi. Aspek itu, kata dia, bisa mencegah penyalahgunaan Pancasila.

"Kalau kita mengerti sebab-sebab lahirnya maka kita juga tahu cara apabila menghadapi kealpaan atau penyimpangan yang terjadi dalam perjalanan sejarah," ujarnya.

"Ini penting untuk terutama pejabat atau politisi sehingga tidak digunakan untuk memecah belah," lanjutnya.

Fahri menjelaskan, Pancasila lahir dari saripati pemahaman negara dan agama. Namun, saat ini, banyak yang menyalahgunakannya untuk memecah belah bangsa.

"Sampai kemudian orang bentur-benturkan termasuk presiden sendiri terjebak untuk memisah-misahkan bahkan kemudian menjadi sebab adu domba dan perpecahan di masyarakat," ucapnya.

Baca juga:
Tamu undangan kompak berpakaian adat di upacara Hari Lahir Pancasila
Ketum PPP sebut Pancasila bisa jadi obat intoleransi, radikalisme dan liberalisme
Menag harap hari lahir Pancasila jadi momen mempererat persatuan
Gaya Jokowi berpakaian adat Jawa saat pimpin upacara Hari Lahir Pancasila
Anies: Keadilan sosial yang akan menjaga persatuan
Jokowi ajak politisi hingga ulama amalkan Pancasila dalam kehidupan

(mdk/eko)