Fakta-fakta seputar arus mudik dan balik yang masuk catatan sejarah

Fakta-fakta seputar arus mudik dan balik yang masuk catatan sejarah
PERISTIWA | 21 Juni 2018 07:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Pulang kampung menjadi momentum paling ditunggu saat lebaran tiba. Setiap tahun mudik menjadi tradisi wajib bagi masyarakat.

Meski begitu banyak hal terjadi ketika arus mudik dan balik yang masuk dalam catatan sejarah mudik di Indonesia. Berikut fakta-faktanya:

1 dari 3 halaman

One way terpanjang 182 Km dari tol Cikampek hingga Kanci

terpanjangOne way di Tol Palikanci. ©2018 Merdeka.com

Kemacetan akibat tingginya volume kendaraan pemudik tidak hanya terjadi di Jalan Tol Jakarta - Cikampek tapi hingga tol Cikopo - Palimanan atau Cipali. Pihak Kepolisian dan PT. Jasa Marga memberlakukan sistem satu arah atau one way mulai Tol Cikampek Kilometer 53 dan Tol Cipali hingga Kanci. Ini menjadi catatan sejarah one way terpanjang yakni 182 kilometer (Km).

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya mengatakan, Kepolisian Daerah Jawa Barat memberlakukan sistem satu arah sepanjang Tol Cikampek sampai Tol Cipali. Rekayasa arus Lalu lintas sistem satu arah dilakukan untuk mengurai kemacetan akibat meningkatnya kendaraan pemudik dari Jakarta mengarah Jawa Tengah.

"Sejak pukul 16.45 Wib sudah dilakukan one way dari Tol Cikampek di Km 53 sampai Tol Kanci Km 235," kata AKBP Slamet Waloya, Rabu (13/6) malam.

2 dari 3 halaman

One way terpanjang hingga 234 Km saat arus balik lebaran

terpanjang hinggaOne Way di Tol Cipali-Cikampek. ©2018 Merdeka.com/Bram Salam

Kepadatan arus balik mudik di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) hingga Tol Jakarta Cikampek, membuat petugas memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) dari Pejagan hingga Jakarta. Total pembukaan satu arah ini mencapai 234 Km.

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya menuturkan, sistem satu jalur ini merupakan terpanjang dalam sejarah mudik di Indonesia. Rekayasa lalu lintas itu diberlakukan demi mengurangi kepadatan terjadi akibat pertemuan arus lalu lintas di ruas Tol Cikampek dan keluar masuk rest area sepanjang jalur tol.

"Sudah diberlakukan rekayasa arus lalu lintas satu arah atau one way sekitar jam 5 sore. Ini terpanjang dalam sejarah mudik di Indonesia," kata Slamet, Selasa (19/6).

3 dari 3 halaman

Tragedi Brexit

rev1Kemacetan di Brexit Indonesia. ©2016 Merdeka.com

Pada tahun 2016, kemacetan parah terjadi pada simpang jalan usai gerbang keluar tol di Brebes Timur, Jawa Tengah. Kemacetan itu biasa dikenal dengan tragedi Brebes Exit (Brexit). 

Akibat kemacetan parah tersebut, sebanyak 17 orang meninggal dunia. Korban meninggal karena mengalami stres dan kelelahan juga kecelakaan lalu lintas akibat macet yang tidak bisa terurai di badan jalan tersebut.

Padahal pintu keluar di Brebes Timur ini dibangun Pemerintah supaya bisa mengurai dan meminimalisir kemacetan pada mudik lebaran. Tapi yang terjadi adalah sebaliknya. (mdk/has)

Baca juga:
Besok sudah kembali ngantor, ruas Tol Dalam Kota masih lancar
Arus balik, volume kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek meningkat 164%
Sabtu diprediksi jadi puncak arus balik Lebaran di Pelabuhan Tanjung Priok
H+5 Lebaran, setengah jumlah pemudik via KA sudah balik ke Jakarta
Jelang masuk kerja, arus balik di Tol Cikampek masih padat
Menhub sambut kedatangan pemudik gratis kapal laut

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami