FBR dan PP bentrok karena termakan hoaks di medsos

FBR dan PP bentrok karena termakan hoaks di medsos
PERISTIWA | 15 September 2018 17:32 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Indra Jafar mengatakan, bentrokan antara Forum Betawi Rempung (FBR) dan Pemuda Pancasila (PP) karena termakan isu di media sosial. Bentrokan itu terjadi pada Selasa (11/9) kemarin.

"Mereka ke makan isu di medsos, waktu mereka milad di FBR ada isu bahwa pembakaran bendera FBR. Kemudian pos mereka diserang sama PP, padahal hoax semua," kata Indra di Mapolres Jakarta Selatan, Sabtu (15/9).

"Akhirnya terpengaruh, akhirnya pulang dan niatnya sudah pengen nyerang, akhirnya terjadilah itu di Ciledug di depan rumah makan Padang. Habis dari tempat itu PP melakukan penyerangan di tempat kita, nyerang di Gancit, lempar-lemparan botol pecah tapi tidak ada korban," sambungnya.

Untuk bentrokan yang terjadi di Cipulir, Jakarta Selatan, karena antara PP dan tukang parkir saling berebut lahan parkir.

"Lalu ke Cipulir, di sana kasihan, yang diserang tukang parkir, masa tukang parkir dianiaya. Setelah kita cari tahu, kita lidik, ada rebutan parkir antara PP sama tukang parkirnya," ujarnya.

Indra mengaku, sebelum adanya bentrokan, pihaknya sudah melakukan antisipasi agar tak terjadi bentrokan. Karena memang saat itu bertepatan dengan 1 Muharam 1440 Hijriah.

"Sudah kita antisipasi, kita kawal kita lakukan koordinasi dan lakukan penjagaan di beberapa pos-pos mereka. Cuma hari itu tidak terkendali karena pulangnya mereka pun liar, awal berangkat dikawal, pas pulang liar, ada yang pulang sendiri ada yang ini, mencari itu bersamaan dengan Muharam lagi," ungkapnya.

"Anggota kita juga lagi pengamanan kegiatan Muharam. Makanya Gancit itu baru ditinggal sebentar akhirnya di serang, tapi Kapolsek cepat datang ke situ sehingga segera ditangani," pungkasnya.

Sebelumnya, bentrokan terjadi sekitar pukul 17.00 WIB pada Selasa, 11 September. "Terjadi bentrok saat konvoi antar dua ormas yang terlibat, yakni Pemuda Pancasila (PP) dan Forum Betawi Rembug (FBR). Sekarang kami sedang fokus penanganan ribut PP dengan FBR di (depan) Gandaria City," kata Indra Jafar saat dihubungi.

Selain di Gandaria City, bentrok juga terjadi di kawasan Cipulir dan Kreo, Petukangan Selatan, Pesanggrahan, serta wilayah Pamulang. "Saat ini kita sedang menjaga di perbatasan Pesanggrahan dengan Ciledug, Tangerang. Itu efek dari Ciledug dan memasuki wilayah Petukangan (perbatasan), sampai saat ini wilayah Pesanggrahan aman terkendali," kata Kapolsek Pesanggrahan Kompol Maulana Jali Karepesina. (mdk/fik)

Baca juga:
Polisi buru 4 penganiaya warga Cipulir saat bentrok FBR vs PP pecah
Bentrok FBR versus PP diduga dipicu rebutan lahan parkir
Polisi mulai bergerak ciduk pelaku bentrok FBR vs PP
Balas dendam, motif bentrokan FBR vs PP di Tangerang hingga Gandaria
Bentrokan ormas di Gandaria berawal dari Tangerang & meluas ke Jakarta
Polisi sebut tak ada korban jiwa saat bentrok ormas di Ciledug

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami