Festival Lingkungan Astra, Aksi Nyata untuk Dukung Keberlanjutan Ekosistem

Festival Lingkungan Astra, Aksi Nyata untuk Dukung Keberlanjutan Ekosistem
Festival Lingkungan Astra, Aksi Nyata untuk Dukung Keberlanjutan Ekosistem. ©Astra
PERISTIWA | 19 Juni 2021 10:36 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Dalam beberapa tahun terakhir, keberlangsungan lingkungan jadi salah satu isu yang banyak diperbincangkan oleh masyarakat. Sumber daya alam dan lingkungan menjadi aset berharga yang mendukung keberlangsungan hidup manusia. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan Indonesia bersama-sama.

Menanggapi isu yang banyak dibahas global ini, Astra melakukan aksi nyata bersama masyarakat untuk mendukung keberlanjutan ekosistem dengan menyelenggarakan Festival Lingkungan Astra.

Memasuki Tahun Kelima

festival lingkungan astra aksi nyata untuk dukung keberlanjutan ekosistem
Direktur Astra Gita Tiffani Boer memberi sambutan pada Festival Lingkungan Astra ke-5 yang dilakukan secara virtual pada Kamis (18/6) (c) Astra

Festival Lingkungan Astra ini sendiri sudah memasuki tahun kelima. Tema yang diangkat adalah Mimpi dan Aksi Nyata untuk Keberlanjutan Ekosistem Indonesia. Hal ini bisa dibilang sesuai dengan tema yang diusung Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yaitu Pemulihan Ekosistem.

“Astra berkomitmen untuk berkontribusi dalam keberlanjutan ekosistem lingkungan hidup dengan melakukan upaya mitigasi dan adaptasi dampak perubahan iklim, serta kampanye dan aksi lingkungan yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Semoga kontribusi sosial berkelanjutan Astra di bidang lingkungan dapat memberikan manfaat untuk ekosistem lingkungan hidup di Indonesia,” ujar Direktur Astra Gita Tiffani Boer dalam sambutannya pada Festival Lingkungan Astra ke-5 yang dilakukan secara virtual pada hari ini (18/6).

Rangkaian kegiatan Festival Lingkungan Astra telah dilakukan selama sepekan sejak 14 Juni 2021 hingga acara puncak 18 Juni 2021.

Pekan Lingkungan

festival lingkungan astra aksi nyata untuk dukung keberlanjutan ekosistem
Pengukuhan Gen Hijau Adiwiyata secara simbolis yang dilakukan oleh Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan ©Astra

Kehadiran Festival Lingkungan Astra diawali dengan adanya sesi talkshow yang mengangkat tema Responsible Consumption dan Astra Green Energy. Tema ini mendukung upaya mitigasi perubahan iklim yang dilakukan di internal dan eksternal Grup Astra lewat program Astra Green Energy Student Innovation.

Kegiatan ini merupakan wadah bagi mahasiswa dan pelajar SMA/SMK untuk menunjukkan inovasi di bidang energi dalam mendukung penurunan emisi gas rumah kaca, saat ini sebanyak 195 tim telah berpartisipasi dalam Astra Green Energy Student Innovation 2021.

Menginjak hari kedua, festival ini berfokus pada tema Semangat Kurangi Plastik. Tak hanya sekadar tema, hal ini menjadi gerakan bersama Grup Astra dan masyarakat lewat pengelolaan bank sampah yang ada di Kampung Berseri Astra. Bank Sampah Innovation Competition yang merupakan bagian dari gerakan Semangat Kurangi Plastik oleh bank sampah induk dan bank sampah unit, diikuti oleh 112 Bank Sampah di seluruh Indonesia.

Gerakan Semangat Kurangi Plastik yang dilakukan sejak Februari 2020 hingga Mei 2021 ini sudah berhasil mengurangi 498, 6 ton sampah plastik. Angka ini sendiri berasal dari 105 ton sampah plastik Grup Astra dan selebihnya 393,6 ton yang dikelola bank sampah binaan Grup Astra yang ada di seluruh Indonesia.

Pada hari ketiga, festival mengangkat tema Jambore Adiwiyata Astra di mana fokus kegiatan meliputi talkshow, penanaman pohon, dan konservasi keanekaragaman tanaman buah langka nusantara melalui program Pranaraksa.

Untuk mendukung upaya tersebut, pada hari keempat, festival fokus pada adaptasi perubahan iklim, di mana diadakan talkshow tentang pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim).

Pada hari kelima yang merupakan puncak festival, mengangkat tentang berbagai kegiatan lingkungan yang dihadiri oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Helmi Basalamah dan dilanjutkan dengan Eco-Talk dengan tema Mimpi dan Aksi Nyata untuk Keberlanjutan Ekosistem Indonesia.

Narasumber yang hadir pada Eco-Talk tersebut antara lain Co-Founder Octopus Indonesia Moehammad Ichsan dan Penerima Apresiasi 11th SATU Indonesia Awards 2020 Tingkat Provinsi Bidang Lingkungan Asri Aldila serta Head of CSR Astra Bondan Susilo.

Kontribusi sosial berkelanjutan Astra di bidang lingkungan ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa. (mdk/wri)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami