Firli Ungkap Kedekatan dengan PDIP di Uji Kelayakan dan Kepatutan Capim KPK

PERISTIWA | 12 September 2019 23:11 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Calon pimpinan KPK Irjen Firli Bahuri mengakui ada pertemuan dengan salah satu ketua umum partai politik. Ketua Umum itu adalah Megawati Soekarnoputri dari PDI Perjuangan.

Firli menyampaikan hal tersebut dalam uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK di Komisi III DPR. Kapolda Sumsel itu mengatakan, pertemuan tidak sengaja. Karena awalnya atas undangan Wakabareskrim Komjen Antam Novambar.

"Kalaupun disampaikan ada pertemuan dengan pimpinan parpol, saya katakan saya bukan bertemu dengan pimpinan parpol. Tapi saya bertemu dengan individu. Dan itu tidak ada pembicaraan apapun dan itu bukan sengaja," ujar Firli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (11/9).

Firli mengakui kedekatan dengan Megawati karena suaminya, Taufik Kiemas mengenal dirinya sejak berpangkat letnan satu.

"Saya diundang kawan saya, kebetulan adalah wakabareskrim saya hadir di situ kebetulan ketua parpol hadir. Dan beliau kenal individu saja karena almarhum suami beliau kenal dengan saya sejak saya pangkat letnan satu," kata Firli.

Kepada Komisi III, Firli mengakui kedekatan dengan politikus PDI Perjuangan lain. Yaitu M Nurdin yang juga merupakan anggota Komisi III. Nurdin merupakan Kapolres tempat Firli sempat bertugas. Nurdin merekomendasikan Firli untuk mendaftar akademisi kepolisian.

"Pak Nurdin yang beri rekomendasi izin saya daftar akpol, saya kira apa yang salah lakukan sudah saya clear," kata Firli.

Baca juga:
Ekspresi Irjen Firli Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan Capim KPK
Komisi III DPR Ramai-Ramai Puji Capim Irjen Firli
KPK Jumpa Pers Soal Irjen Firli, Fahri Hamzah Teringat Kasus Budi Gunawan
Pansel KPK Klaim Tak Temukan Pelanggaran Etik Firli Selama Seleksi Capim
Bentangkan Kertas saat Uji Kelayakan Kepatuhan Firli, Mahasiswa Diciduk Pamdal
Ketua KPK Pastikan Jumpa Pers Saut soal Firli Disetujui Mayoritas Pimpinan

(mdk/bal)