Fitra Sebut Kasus Gas Bumi Pintu Masuk Bongkar Korupsi Alex Noerdin yang Lain

Fitra Sebut Kasus Gas Bumi Pintu Masuk Bongkar Korupsi Alex Noerdin yang Lain
Alex Noerdin Tersangka Korupsi. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 17 September 2021 16:49 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin ditetapkan tersangka kasus dugaan korupsi pembelian gas bumi oleh Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) tahun 2010-2019 dengan kerugian negara sekitar Rp433 miliar. Banyak pihak mengapresiasi keberanian Kejaksaan Agung membongkar kasus ini.

Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Sumsel Nunik Handayani mengungkapkan, pihaknya sudah lama mengangkat dan mengadukan kasus ini ke Kejagung dan kepolisian. Namun, tidak pernah digubris karena Alex Noerdin masih menjabat kepala daerah.

"Kami apresiasi Kejagung menetapkan Alex Noerdin sebagai tersangka. Sebenarnya sudah lama kami angkat, tapi mungkin waktu itu Alex Noerdin masih menjabat gubernur," ungkap Nunik, Jumat (17/9).

Menurut dia, kasus ini bisa saja menguak beragam dugaan tindak pidana korupsi lain yang menyeret Alex Noerdin. Kasus besar yang besar di tingkatan Sumsel seperti dana hibah, bantuan sosial, dan teranyar dugaan korupsi pembangunan Masjid Raya Sriwijaya di masa kepemimpinan Alex Noerdin sebagai Gubernur Sumsel.

"Ya sangat mungkin, karena perannya sebagai gubernur memiliki kewenangan khusus dalam mengambil keputusan," kata dia.

Dia menyebut BUMD berpeluang menjadi cara kepala daerah untuk melakukan korupsi atau meraup keuntungan secara pribadi. Karenanya diperlukan pengawasan ekstra dari lembaga terkait agar penguasa tidak sewenang-wenang menjadikan perusahaan daerah sebagai tempat mengumpulkan pundi-pundi kekayaan secara ilegal.

"Biasanya yang menjadi petinggi BUMD itu mereka yang sangat dekat dengan penguasa. Makanya harus betul-betul diawasi," katanya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Golkar Sebut Alex Noerdin Belum Meminta Bantuan Pendampingan Hukum
Pesan Lawan Politik ke Alex Noerdin usai Ditetapkan Tersangka Kasus Korupsi
Alex Noerdin Ditetapkan Tersangka, Golkar Siap Beri Bantuan Hukum
Kejagung Tetapkan Alex Noerdin Tersangka Korupsi, Langsung Dijebloskan ke Cipinang
Kasus Dugaan Korupsi Pembelian Gas Bumi, Alex Noerdin Penuhi Panggilan Kejagung
Kasus Pembelian Gas Bumi, Kejagung Kembali Panggil Alex Noerdin

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami