Forum Kiai Kampung Dukung KH Marsudi Syuhud Jadi Ketum PBNU

Forum Kiai Kampung Dukung KH Marsudi Syuhud Jadi Ketum PBNU
PBNU tolak ISIS. ©2014 Merdeka.com/Dwi Narwoko
NEWS | 11 Oktober 2021 12:09 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Sejumlah kiai kampung yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kiai Kampung Indonesia (FK3I) turut meramaikan bursa kursi ketua dalam Muktamar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendatang.

Ketua FK3I, Mas Muhammad Maftuch yang akrab disapa Gus Maftuch mengatakan, NU hanya layak dipimpin oleh seorang ulama yang memiliki sosok peka zaman dan sesuai dengan keadaan.

"Menjadi Ketua NU haruslah peka zaman atau sesuai dengan keadaan dan kebutuhan zaman. Hal itu tanpa perlu dipaksakan dan dicari-cari, pastinya selalu begitu sosok yang menjadi Ketua Umum PBNU," tegas Gus Maftuch, Senin (11/10).

Ia lantas menyebut, nama KH Marsudi Syuhud yang paling layak memimpin atau menakhodai PBNU untuk meneruskan estafet kepemimpinan KH Said Aqil Siraj. Apalagi, menurut dia, dalam muktamar NU, metode pemilihan ketua umum berasal dari orang-orang pilihan, tidak seperti partai politik yang memakai poling-polingan.

"Poling-polingan bukan tradisi budaya NU," ujarnya.

Sementara itu, AR Waluyo Wasis Nugroho (Gus Wal) yang juga merupakan pengurus FK3I menambahkan, selain KH Marsudi Syuhud, belum ada figur lain saat ini yang pantas untuk menggantikan Buya Said Aqil sebagai Ketua Umum PBNU.

"Yang kapasitas, kapabilitas, kredibilitasnya seperti Buya Said, apalagi keilmuan, kealiman dan dan kefaqihannya. Mari kita bersama-sama selaku umat dan warga NU istighotsah, tahlil, mujahadah dan doa bersama semoga KH Marsudi Suhud terpilih memimpin NU dalam Muktamar NU di Lampung, Desember nanti," pungkasnya.

Ia menambahkan, selama satu dekade NU telah dipimpin KH Said Aqil Siraj, ulama yang sangat alim dan faqih dalam ilmu agama, terlebih ilmu kitabnya. Selama memimpin NU, Kiai Said dinilai selalu peka dan peduli terhadap masalah dan penderitaan warga Nahdliyyin.

"Buya Said juga merupakan seorang profesor doktor yang tentunya ahli juga, pakar dalam banyak bidang, dan sangat dicintai warga Nahdliyyin yang ada di perkotaan ataupun yang berada di kampung atau desa," katanya.

Diketahui, Muktamar NU ke 34 bakal di gelar pada 23 - 25 Desember mendatang di Lampung. Sejumlah nama pun mulai muncul turut meramaikan bursa kursi ketua organisasi islam terbesar di Indonesia itu. Bahkan, KH Said Aqil Siraj menyatakan diri siap kembali dicalonkan menjadi Ketua PBNU periode berikutnya.

“Kalau diminta, ya saya maju, kalau enggak ya enggak. Lihat saja nanti,” ujarnya, saat ziarah di Jombang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu, Kamis (7/10). (mdk/rnd)

Baca juga:
Jelang Muktamar NU, GP Ansor Minta Ada Regenerasi di PBNU
VIDEO: Pangkostrad Dudung Ditawarkan PBNU Konsep Islam Nusantara
Said Aqil Mengaku Siap Maju Calon Ketum PBNU Lagi jika Diminta
Mengaku Banyak Dapat Dukungan, Said Aqil Sidradj Siap Pimpin PBNU Lagi
Bertemu Jokowi, Ketum PBNU Lapor akan Gelar Muktamar pada 23-25 Desember 2021
Said Aqil Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Lombok

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami