Foto dan Kisah Menyentuh Hati di Tengah Demo 22 Mei soal Pemilu 2019

PERISTIWA | 22 Mei 2019 12:09 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Sejumlah momen terjadi di tengah aksi demonstrasi pada 21 dan 22 Mei 2019 soal Pemilu 2019. Momen-momen itu menyentuh dan bikin haru.

Momen yang tergambar ini bikin sejuk dan menggambarkan suasana Jakarta kondusif dan aman di tengah aksi 22 Mei soal hasil Pemilu 2019. Berikut ini momen-momen tersebut yang tergambar dalam foto dan peristiwa di lapangan:

1 dari 5 halaman

Polisi dan Massa Saling Bersalaman dan Foto Bareng

Demonstran di Bawaslu RI membubarkan diri dengan tertib, pada Selasa (21/5) sekitar pukul 20.30 WIB. Usai Salat Tarawih berjemaah, koordinator aksi mengimbau massa agar membubarkan diri dengan tertib dan tidak mudah terprovokasi.

Sebelum balik kanan, sejumlah demonstran terlihat bersalaman dengan anggota polisi. Sebagian dari mereka juga berfoto bersama. Para anggota polisi pun melambaikan tangan kepada massa yang menghampirinya untuk berfoto bersama.

2 dari 5 halaman

Salat Berjamaah di Depan Gedung Bawaslu

Ada kisah lain yang menyentuh. Memasuki malam hari pada Selasa (21/5) demonstran menyempatkan diri menggelar salat Tarawih berjamaah di depan gedung Bawaslu.

Massa langsung berbaris untuk membentuk saf. Mereka yang mengikuti Tarawih baik laki-laki dan perempuan.

3 dari 5 halaman

Ajak Bernyanyi Lagu Indonesia Raya

Ada sejumlah anggota batalyon infanteri TNI AD berhasil mencegah massa yang ingin melakukan aksi anarki di Jalan Cideng Barat Dalam. Terlihat dari atas jalan layang Cideng, di Jakarta, Rabu (22/5), sejumlah anggota infanteri TNI AD menghalangi massa yang ingin masuk ke Jalan Cideng Barat Dalam sambil bernegosiasi dengan massa. Terdengar lagu "Indonesia Raya" dinyanyikan.

Setelah lagu "Indonesia Raya" selesai berkumandang, negosiasi berhasil menemukan kata sepakat dan massa bersedia mundur. Beberapa di antara mereka juga menyalami dan memeluk sejumlah anggota infanteri.

Setelah itu, personel infanteri yang lebih banyak datang dan membentuk pagar betis menutup Jalan Cideng Barat Dalam sementara massa menyanyikan beberapa lagu-lagu nasional dan meneriakkan yel-yel.

4 dari 5 halaman

Petugas Kepolisian Video Call Sang Anak

Saat berjaga di depan gedung Bawaslu, Selasa (21/5), salah satu petugas kepolisian menyempatkan diri menghubungi anaknya melalui video call. Momen ini membuat netizen terenyuh.

Foto tersebut awalnya diunggah oleh salah seorang pengguna Instagram @masagungwilis, yang kemudian diposting ulang oleh akun Twitter @giewahyudi.

Tertulis, "Terharu lihat foto ini. Pak polisi yang bertugas di kantor Bawaslu RI menyempatkan video call anaknya saat sedang beristirahat...".

Di dalam potret tersebut terlihat dua orang polisi sedang istirahat dari tugasnya menjaga keamanan. Dengan posisi saling bersandar, salah seorang polisi tampak menggenggam smartphone-nya sambil berbicara dengan anak kecil, sedangkan polisi lainnya terlelap.

5 dari 5 halaman

Massa Membagi-Bagikan Bunga pada Petugas Kepolisian

Dalam aksi 21 Mei kemarin, terlihat momen saat massa membagikan bunga pada polisi. Aksi demo ini diikuti oleh pria maupun wanita. Masing-masing dari mereka membawa bunga mawar merah, putih dan merah muda. Kemudian bunga-bunga itu dibagikan pada petugas yang sedang menjaga jalannya demo di depan gedung Bawaslu.

Terlihat wajah para petugas yang amat senang. Momen seperti ini diharapkan mampu untuk mendinginkan suasana. (mdk/has)

Baca juga:
Dibantu TNI, Polisi Pukul Mundur Massa di Petamburan ke Arah Jati Baru
TNI Redam Massa Aksi 22 Mei
Pendemo Bersorban Geruduk Parlemen, Minta Anggota DPR Buka Mata
Polisi dan FPI Halau Massa di Flyover Slipi
Pasar Tanah Abang Lumpuh Akibat Kerusuhan 22 Mei
Kesaksian Warga Asrama Brimob, Massa Beringas Lempar Botol Isi Bensin