Gadis Obesitas dengan Berat 145 Kg di Sidoarjo Derita Pembengkakan Jantung Akut

PERISTIWA | 21 Juni 2019 01:28 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Gadis berumur 19 tahun di Sidoarjo mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Akibatnya, gadis bernama Yunita Maulida ini kini terpaksa dirawat di rumah sakit, lantaran menderita pembengkakan jantung akut dan infeksi jaringan ikat perut.

Yunita Maulida, gadis asal Desa Grinting, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo ini diketahui memiliki berat badan hingga 145 Kg. Ia kini sedang berada di RSUD Sidoarjo sejak Selasa (17/6) kemarin.

Dokter spesialis penyakit dalam RSUD Sidoarjo, Akhmad Fariz Nurdiansyah, mengatakan, gadis penyandang obesitas tersebut, datang ke IGD karena mengeluh nyeri di dada dan merasa sakit pada bagian perutnya.

"Sudah kami lakukan pemeriksaan melalui foto rontgen. Hasilnya, ada infeksi pada jaringan ikat perut dan ada pembengkakan pada jantung," katanya Kamis (20/6).

Menurut dokter Fariz, infeksi yang dialami pasien tersebut akibat dari berat badan yang berlebihan. Ia pun sudah melakukan koordinasi dengan ahli jantung. "Sebagai langkah awal penyembuhan infeksi, kita berikan anti biotik," kata dokter Fariz.

Ia menambahkan, saat ini pasien sedang menjalani perawatan intensif di ruang mawar no.6, dan bersama tim medis akan terus melakukan evaluasi infeksinya. Jika hasil laboratorium sudah menunjukkan peningkatan yang baik, pasien baru diperbolehkan menempuh pengobatan rawat jalan.

"Pasien terus kami dorong untuk menurunkan berat badannya, dengan mengurangi asupan kalori hingga 1000 kalori per hari. Melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari," jelasnya

Ia pun menganjurkan supaya pasien giat melakukan olahraga, seperti bersepeda dan renang. "Tidak disarankan melakukan latihan jalan, mengingat dari hasil pemeriksaan, pasien terindikasi menderita kerusakan sendi," imbuhnya.

Baca juga:
Tidur dengan Lampu Menyala di Malam Hari Bisa Buat Wanita Lebih Mudah Gemuk
Polisi Gemuk di Gorontalo Dikumpulkan, Ada yang Memiliki Berat 100 Kg Lebih
6 Hal yang Menjadi Penyebab Anak Mengalami Obesitas atau Kegemukan
Ini Hal yang Penting Kamu Ketahui Agar Tidak Alami Obesitas Ketika dan Usai Kehamilan
Jangan Dianggap Lucu, Anak Gemuk Memiliki Bahaya yang Mengancam Kesehatannya
Perpindahan dari Desa ke Kota Bisa Jadi Penyebab Berat Badan Seseorang Bertambah

(mdk/bal)

TOPIK TERKAIT