Gaduh di KPK buat Mantan Pimpinan Turun Gunung

PERISTIWA | 16 September 2019 13:50 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Erry Riana memastikan Agus Rahardjo dkk tak mengundurkan diri dari kursi kepemimpinan. Erry menyatakan hal tersebut usai bertemu dengan pimpinan komisi.

"Saya sampaikan hasil pembicaraan dengan pimpinan KPK sekurang-kurangnya ada dua hal yang dikonfirmasi, pertama bahwa pimpinan KPK tidak ada satupun yang mengundurkan diri," ujar Erry di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (16/9).

Erry dan sejumlah mantan pimpinan KPK baru saja menemui Agus Rahardjo dkk di lembaga antirasuah. Beberapa mantan pimpinan yang hadir di antaranya Taufiequrachman Ruki, Tumpak Hatorangan Panggabean, dan Chandra M. Hamzah.

Selain itu, nampak juga Junino Jahja yang merupakan mantan Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat KPK, mantan Deputi Pencegahan KPK Eko Soesamto Tjiptadi, mantan Direktur Monitoring Roni Ihram Maulana, dan Ina Susanti yang merupakan mantan Direktur Informasi dan Data.

Menurut Erry, baik Agus Rahardjo, Laode Muhammad Syarif dan Saut Situmorang belum mengundurkan diri. Meski ketiganya sempat menyatakan menyerahkan mandat KPK kepada Presiden Jokowi.

Terkait dengan surat pengunduran diri Saut Situmorang yang tersebar beberapa waktu lalu, Erry juga memastikan Saut belum mengundurkan diri. Menurut Erry, Saut tak ada di Gedung KPK hari ini lantaran tengah mengajukan cuti.

"(Dalam pertemuan) yang tadi satu-satunya tidak hadir pak Saut Situmorang. Meminta cuti dan disepakati diberikan cuti dua minggu," kata Erry.

Dengan adanya kepastian bahwa Agus Rahardjo dkk tak mengundurkan diri dan masih bekerja hingga hari ini, membuat eks komisioner KPK ini lega.

"Kami mendengar dari pimpinan yang eksis sekarang kenapa harus mengundurkan diri? Tadi dijawab tidak mengundurkan diri. Saya senang mereka tidak mengundurkan diri," kata Tumpak.

Reporter: Fachrur Rozie

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Jokowi Tunggu Surat dari Pimpinan KPK untuk Bertemu
Putri Gus Dur Tidak Yakin Firli Bahuri Bisa Bekerja Maksimal di KPK
Lobi-Lobi Di Balik Pemilihan Capim KPK
Jalan Mulus Irjen Firli Menuju Kuningan
Sosok Nurul Ghufron, Pimpinan KPK Terpilih yang Bercita-cita Jadi Rektor

(mdk/did)