Gajah Liar Ditemukan Mati di Aceh Tenggara, BKSDA Koordinasi dengan Polisi

Gajah Liar Ditemukan Mati di Aceh Tenggara, BKSDA Koordinasi dengan Polisi
Penemuan bangkai gajah sumatera yang mati dengan jerat di kaki di Aceh Timur akhir bulan lalu. ©2022 Merdeka.com/Istimewa
NEWS | 10 Mei 2022 20:38 Reporter : Alfath Asmunda

Merdeka.com - Seekor gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) ditemukan mati di kawasan hutan Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh masih menyelidiki penyebab kematian sarwa dilindungi itu.

"Baru tadi tim bergerak ke lokasi untuk memastikan penyebab kematian gajah itu. Saat ini pun masih dalam perjalanan, jadi belum diketahui detailnya," kata Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto, Selasa (10/5).

Berdasarkan informasi dari masyarakat, tutur Agus, gajah liar ini ditemukan mati di kawasan hutan Desa Gajah Mati, Kecamatan Leuser, Aceh Tenggara. Gajah itu diperkirakan masih berusia 5 tahun.

Agus belum bisa memastikan jenis kelamin gajah itu. "Kami masih menunggu informasi tim di lapangan," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Bukan yang Pertama

Selain menurunkan tim medis ke lapangan untuk melakukan nekropsi, Agus mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk melakukan penyelidikan ada tidaknya dugaan tindak pidana pada kematian gajah sumatera itu.

Dalam beberapa pekan terakhir, sejumlah satwa dilindungi mati tidak alami di hutan Aceh. Sebelumnya, pada akhir April, seekor gajah ditemukan mati dengan jerat di kakinya. Bangkai satwa berukuran besar itu di aliran sungai di hutan produksi Desa Peunaron Lama, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur.

Beberapa hari sebelumnya, 3 ekor harimau sumatera juga ditemukan mati di perkebunan HGU PT Aloer Timur di Desa Sri Mulya, Kecamatan Peunaron. Ketiganya juga mati dalam kondisi terjerat. (mdk/yan)

Baca juga:
Susul 3 Harimau, Giliran Gajah Sumatera Mati Terjerat di Aceh Timur
Lucunya Bayi Gajah di Bali Zoo yang Lahir Saat Pandemi Covid-19
Saat Gajah-Gajah Thailand Pesta Makan Buah Sepuasnya di Pattaya
Kematian Gajah Tersuci di Sri Lanka
Sempat Dirawat karena Malnutrisi, Gajah Sumatera Usia 30 Tahun Akhirnya Mati
Gajah Sumatera Mati di Aceh Utara, Diduga Tertusuk Gading

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami