Gambar palu arit ditemukan dalam buku kisi-kisi UN di Ciamis

Gambar palu arit ditemukan dalam buku kisi-kisi UN di Ciamis
PERISTIWA | 23 Januari 2017 13:41 Reporter : Andrian Salam Wiyono

Merdeka.com - Buku kisi-kisi ujian nasional (UN) berisi gambar palu arit ditemukan di SMA Negeri 1, Kawali, Kabupaten Ciamis. Buku pelajaran dengan judul 'New Mentor: Rahasia Cerdas Membedah Kisi-Kisi UN Bahasa‎ diperuntukkan untuk kelas XII'.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, logo yang diidentikkan dengan komunis itu ditemukan di halaman 16. ‎Pada halaman tersebut di bagian latihan soal termuat sebuah teks tulisan berjudul 'Announcing the Robert S. Kenny Prize'.

"Tapi dilengkapi dengan gambar palu arit di bawahnya dan 2 buah soal pilihan di sampingnya," kata Yusri kepada wartawan di Bandung, Senin (23/1).

Menurut dia, inti dari buku setebal 170 halaman tersebut menceritakan penghargaan pada pejuang Buruh dan Marxisme.

Temuan itu kata dia, langsung ditindaklanjuti Kepolisian di mana pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk menarik buku tersebut.

"Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak sekolah untuk menarik peredaran buku tersebut dari siswa-siswi SMA N 1 Kawali kelas XII," ujarnya.

Dia melanjutkan, buku itu diterbitkan tim penulis dari Mas Media Buana Pustaka, dengan editor Qurrota Ayuni. Adapun Pengadaan buku tersebut bersumber dari alokasi dana BOS pihak SMA 1 Kecamatan Kawali.

Dia mendorong, Pemda setempat melalui forum komunikasi internal daerah untuk mengundang Dinas Pendidikan Ciamis mengambil beberapa langkah konkret terkait penemuan buku tersebut. "Ini agar tidak berkembang," jelasnya. (mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami