Ganasnya Racun King Kobra Bunuh Mangsa Hitungan Menit & Tips Pertolongan Pertama

PERISTIWA | 12 November 2019 06:30 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Nasib nahas menimpa Rendy Arga Yudha (18), pemuda asal Depok, Jawa Barat. Dia meninggal dunia setelah digigit ular jenis king kobra beberapa hari lalu.

Korban terkena racun dari bisa ular jenis king kobra. Racunnya menyebar ke beberapa bagian anggota tubuhnya. Berbagai upaya telah dilakukan tim medis untuk menyelamatkan korban namun takdir berkata lain. Korban meninggal dunia pada Minggu (10/11) pukul 03.35 WIB.

"Pasien tersebut meninggal dunia pada Minggu dini hari. Kami telah memberikan perawatan maksimal. Kami turut berduka sedalam-dalamnya atas meninggalnya pasien yang kami rawat karena komplikasi gigitan ular King Cobra," kata Humas RSUI, Kinanti, Minggu (10/11).

Belajar dari apa yang dialami Rendy, tentu amat baik jika kita mengetahui cara memperlambat racun kobra menyebar ke seluruh tubuh. Berikut cara pertolongan pertama untuk mencegah penyebaran racun king kobra ke seluruh tubuh:

1 dari 5 halaman

King Kobra Memiliki Bisa Memastikan

Ular Kobra memiliki bisa yang sangat lengkap dan mengandung neurotoxin, cardiotoxin, dan hemotoxin. Disebut lengkap lantaran semuanya dimiliki oleh King Cobra. Bisa tersebut kemudian melumpuhkan saraf-saraf dan otot-otot si korban (mangsa) dalam waktu yang hanya beberapa menit saja.

Selain itu, ular kobra dapat melumpuhkan korbannya dengan menyemprotkan bisa ke matanya. Namun tidak semua kobra dapat melakukan hal ini. Dalam menyerang lawannya, kobra bisa berdiri sepertiga dari badannya jika bersiap menyerang.

2 dari 5 halaman

Racun Kobra Membunuh Manusia dalam Hitungan Menit

Kobra bukan tipe penyerang manusia, kecuali diserang lebih dahulu. Dia akan membalas dengan mematok bahkan mengejar siapa saja yang mengganggu tempatnya berdiam diri. Jika racun atau bisa sudah menyerang tubuh manusia, maka korban bisa meninggal dalam hitungan menit.

"Racun yang dimilikinya sangat cepat bereaksi, dalam hitungan menit akan mematikan mangsanya," ujar Tohar, salah seorang Sekretaris Rajawali Reptil Community (Retic) saat berbincang dengan merdeka.com Kamis (6/4/2017).

Apa yang harus dilakukan jika terkena racun ular kobra?

3 dari 5 halaman

Jangan Panik dan Jangan Banyak Bergerak

Langkah pertama yang harus diambil jika terkena serangan racun kobra adalah jangan panik dan jangan banyak bergerak. Karena panik akan menyebabkan darah mengalir lebih cepat, yang akan membuat penyebaran racun lebih cepat. Lebih baik tenangkan korban, dan buat korban berbaring.

"Padahal gigitan ular pertama harus imobilisasi, tidak boleh menggerakkan bagian tubuh yang digigit yang bisa menunda penyebaran racun," kata Pembina Sioux Indonesia regional Jawa Barat, Herlina Agustin, Minggu (21/7/2019).

4 dari 5 halaman

Tidak Disarankan Mengikat Bagian Tubuh

Penanganan kasus gigitan ular di Indonesia ternyata masih menjadi permasalahan yang patut disoroti. Tidak sedikit pihak yang melakukan kesalahan prosedur penanganan sehingga mengakibatkan efek buruk bagi korban gigitan ular.

Banyak kalangan menganggap bisa dapat dikeluarkan dengan cara disayat atau cara lain seperti diikat dengan kencang dan berusaha menyedot racun juga tak disarankan karena racun tersebut juga bisa masuk lewat mulut adalah tindakan yang salah.

"Cara penanganan gigitan ular yang tepat adalah imobilisasi, membuat korban tidak banyak bergerak," kata Adviser WHO untuk kasus gigitan ular di Indonesia, Tri Maharani.

Selain itu banyak persepsi yang menyebutkan bisa ular yang masuk ke tubuh melalui pembuluh darah adalah salah.

"Persepsi salah adalah kita menganggap racun yang dikeluarkan ular lalu masuk tubuh manusia itu lewat pembuluh darah. Padahal disebarkan lewat kelenjar getah bening," kata Tri.

5 dari 5 halaman

Segera ke Rumah Sakit

Usahakan segera membawa orang yang terkena racun tersebut ke rumah sakit. Rumah sakit mempunyai obat untuk melawan racun yang telah masuk ke dalam tubuh.

Dosis antiracun yang tepat dari paramedis dapat mengurangi gejala-gejala yang dapat ditimbulkan oleh racun tersebut. Namun jika Anda jauh dari rumah sakit, bisa melakukan pertolongan pertama seperti yang dijelaskan sebelumnya. (mdk/dan)

Baca juga:
Pemuda 18 Tahun di Depok Tewas Digigit King Cobra
Damkar Evakuasi Ular Sanca Sepanjang 4 Meter di Saluran Air Jatinegara
Kisah Pilu 4 Anak di Cianjur Jadi Yatim Piatu Usai Orangtua Tewas Dipatuk Ular
Awal Mula Penemuan Ular Piton & 33 Butir Telur yang Kejutkan Warga Samarinda
Bersihkan Semak Belukar, Warga Samarinda Temukan 33 Telur Ular Piton
Ini Tips Agar Rumah Tak Jadi Sarang Ular