Ganjar Duga 25 Tenaga Medis Moewardi Solo yang Reaktif Covid-19 Tertular dari Luar

Ganjar Duga 25 Tenaga Medis Moewardi Solo yang Reaktif Covid-19 Tertular dari Luar
PERISTIWA | 12 Juli 2020 05:04 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Sebanyak 25 tenaga kesehatan yang terdiri dokter dan perawat di RSUD Moewardi Solo terpapar Covid-19 setelah hasil rapid tes menunjukkan tanda reaktif. Pihak dinas kesehatan setempat yang melakukan tracking menduga penularan Covid-19 terjadi dari luar rumah sakit.

"Mereka rata-rata tertular saat aktivitas di luar, justru yang menangani pasien Covid-19 aman. Jadi dari luar tertular, terus dibawa masuk ke rumah sakit, tidak sadar bersosialisasi orang, maka potensi penularan itu bisa terjadi," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, usai mendampingi Menteri Kesehatan di Poltekes Semarang, Sabtu (11/7).

Sampai saat ini, kata Ganjar, pihaknya bersama tim dari Dinas Kesehatan masih melakukan langkah perbaikan dengan memperketat tracking kontak, rumah sakit juga mengurangi karyawan nonmedis sebanyak 50 persen serta mengurangi jumlah kunjungan pasien.

"Kami juga meminta kapasitas pendidikan dokter muda dan residen juga dikurangi. Kami minta protokol kesehatan dilakukan makin ketat termasuk membatasi karyawan dan jumlah pengunjung," terangnya.

Terkait langkah yang akan diambil pada 25 tenaga kesehatan di RSUD Moewardi itu, pihaknya masih menunggu hasil PCR.

"Ini kan dokter semua, sudah pasti paham, apakah nanti dirawat atau diisolasi. Kalau mereka nanti dengan gejala, pasti harus dirawat, tapi kalau tanpa gejala, bisa dilakukan treatment dengan cara-cara yang tepat," jelasnya.

Temuan ini, sambung Ganjar, hendaknya menjadi peringatan bagi semua pihak akan bahaya virus Corona yang bisa menularkan di mana dan kepada siapa saja.

"Maka kenormalan baru itu jangan hanya sekedar diomongkan tanpa kita bisa berdisiplin diri. Sekarang, covid ini menularnya jauh lebih cepat," ungkap Ganjar. (mdk/lia)

Baca juga:
Protokol Upacara HUT RI ke-75 di Istana Bakal Jadi Pedoman Seluruh Daerah
Per 12 Juli, Pasien Corona di RS Wisma Atlet 1.152 Orang
Gaya Donald Trump Pakai Masker untuk Pertama Kalinya
Pandemi Covid-19, Swab & Rapid Test Aktivitas Wajib di Istana Kepresidenan
Trump Pertama Kali Pakai Masker di Depan Publik Ketika Kunjungi Rumah Sakit Militer

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami