Ganjar Gandeng Mahasiswa-Driver Ojol Ikut Penyaluran BLT BBM agar Tepat Sasaran

Ganjar Gandeng Mahasiswa-Driver Ojol Ikut Penyaluran BLT BBM agar Tepat Sasaran
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 28 September 2022 00:29 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengajak mahasiswa dan masyarakat untuk terlibat langsung dalam pengawasan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) bagi kelompok terdampak penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM).

Ajakan itu disampaikan Ganjar kepada para mahasiswa dan perwakilan ojek online, yang ikut diskusi panel terkait dinamika dan strategi menghadapi dampak pengalihan subsidi BBM yang diselenggarakan Polda Jawa Tengah di Hotel Patra, Semarang, Selasa (27/9).

"Maka sekarang kita ajak, mau enggak dengan saya yang saya berikan ini kawan-kawan bisa terlibat. Umpama ojek online maupun konvensional, bisa enggak membantu yang belum mendapatkan bantuan siapa, IKM siapa, petani siapa, nelayan siapa. Ini semua kan kelompok sasaran," ujar Ganjar di lokasi.

Ganjar tak ragu-ragu untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan masyarakat yang ingin turut berkontribusi dalam penyaluran BLT BBM kepada masyarakat agar bantuan tepat sasaran.

Untuk mewadahinya, Ganjar menyarankan untuk membangun posko mahasiswa atau sejenisnya yang bisa menjadi titik bertemunya pihak-pihak yang ingin mendampingi pembagian BLT BBM secara langsung.

"Atau mereka juga bisa mendampingi pembagian BLT yang bermasalah, kalau iya, saya distribusi. Silakan ini pembagiannya di sini tempatnya, mungkin ada posko mahasiswa untuk mendampingi pembagian BLT itu lebih keren," kata Ganjar.

2 dari 2 halaman

Dengan demikian, Ganjar menyebutkan para mahasiswa dan masyarakat bisa ikut mengontrol dan mengetahui langsung terkait penyaluran BLT BBM.

"Maka nanti akan bisa melihat perilaku korupsinya, transparansi yang dilakukan jangan-jangan juga menemukan governance yang baik. Sehingga mereka akan bisa perbaiki atau ide-ide mahasiswa juga bisa disampaikan," ucap Ganjar.

Adapun hal yang melatarbelakangi ajakan Ganjar kepada mahasiswa dan ojek online itu lantaran aksi langsung bantu masyarakat seperti itu jauh lebih bermanfaat daripada melakukan aksi unjuk rasa yang berpotensi menimbulkan kegaduhan.

"Saya sampaikan yang pertama kondisinya tidak mudah dan terjadi di seluruh dunia. Lalu apakah kita bisa merespon dengan baik atau tidak. Saya bicara secara terbuka kok, pengangguran akan naik, kemiskinan potensi meningkat, ekonomi ada kemungkinan menurun. Jadi situasinya ngga bagus," jelas Ganjar.

"Maka ayo kita melakukan tindakan yang lebih jelas. Protes boleh, demo boleh, yang penting tidak merusak dan tidak saling menyakiti," sambung Ganjar. (mdk/ray)

Baca juga:
Jokowi Klaim Penyaluran BLT BBM Capai 95,9 Persen
Jokowi Klaim Sudah 7,077 Juta Penerima BSU Disalurkan
Kunjungan Kerja ke Tiga Daerah di Sulteng, Jokowi Cek Penyaluran BLT BBM
Strategi Ridwan Kamil Kendalikan Laju Inflasi di Jawa Barat
Penyaluran BLT di Kebumen Diduga Jadi Sasaran Aji Mumpung Pemerintah Desa

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini