Ganjar Harap Warga Pulang Kampung Setelah Diobservasi di Natuna Tak Dikucilkan

PERISTIWA | 14 Februari 2020 22:03 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat menerima 10 warga kembali ke kampung halaman setelah menjalani karantina di Natuna. Pemulangan warga itu sekaligus menjamin kesehatan terbebas dari virus corona.

"Ada 10 warga Jateng yang besok akan pulang ke daerah masing-masing. Dia minta keluarga tidak perlu merisaukan apalagi mengucilkan. Yang terpenting kita siapkan bantuan sampai rumah," kata Ganjar, Jumat (14/2).

Dia menyebut pemerintah berencana memulangkan 238 warga ke kampung halaman masing-masing setelah 14 hari menjalani karantina di Natuna pada Sabtu (15/2) besok. Ratusan warga itu bakal dikembalikan ke kampung halaman setelah diterbangkan dari Natuna ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menggunakan pesawat TNI AU.

Rencananya jam 7 pagi dari Jakarta menuju Natuna akan berangkat tiga pesawat TNI AU yang terdiri atas dua pesawat Boeing 737 dan satu hercules.

"Jadi nanti mendarat di Jakarta, penghubung (Badan Penghubung Pemprov Jateng) kami siap untuk membantu. Sementara itu, detailnya belum," kata Ganjar.

Dia menjelaskan, jika suatu waktu warga yang menjalani karantina itu merasa tidak enak badan, kata dia disarankan untuk langsung konsultasi ke dokter atau melaporkan ke dinas kesehatan. Untuk Dinkes Provinsi Jawa Tengah.

"Dinkes selalu standby bila ada keluarga, periksa ke dokter kita dari Dinkes siap memantau," jelas Ganjar. (mdk/gil)

Baca juga:
Dinkes Beri Pendampingan 12 Warga DKI Pulang Diobservasi di Natuna
Kabar Pasien Corona di RSUP H Adam Malik Medan Dipastikan Hoaks
Pemprov Jabar Tidak Beri Pendampingan 9 Warganya Usai Dikarantina di Natuna
Langkah Mitigasi Dampak Ekonomi dari Penyebaran Virus Corona
Donald Trump Puji China Tangani Wabah Virus Corona dengan Profesional
China Sebut 1.716 Petugas Kesehatan Terinfeksi Virus Corona, 6 Meninggal
Krisis Ekonomi Mengancam Singapura Akibat Virus Corona

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.