Ganjar Ingatkan ASN harus Punya Inovasi dan Jangan Korupsi

Ganjar Ingatkan ASN harus Punya Inovasi dan Jangan Korupsi
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 6 Juli 2022 20:14 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengingatkan kepada para aparatur sipil negara (ASN) untuk selalu berinovasi dan jangan korupsi. Hal itu dia ungkapkan saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XIII Provinsi Jateng, di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Alam Daerah (BPSDMD), Banyumanik, Semarang.

Menurutnya, pelatihan dan arahan yang diberikan bukan semata-mata formalitas saja. Lebih dari itu, Ganjar menyebut harus ada hasil konkret dari tujuan diselenggarakannya pelatihan serta perlu dukungan dari pemimpin tertinggi.

"Harus ada yang konkret. Dengan cara itu, kepemimpinan akan bisa adaptif dengan perubahan yang ada. Itu semua akan gagal kalau tidak didukung pemimpin tertinggi dan mereka kemudian betul-betul membawa nilai antikorupsi," kata Ganjar, Rabu (6/7).

Para peserta PKN merupakan pejabat ASN setara dengan pejabat eselon II yang berasal dari sejumlah daerah dan kementerian.

Ganjar menekankan kepada para peserta PKN wajib bisa membaca data sains dan hasil riset yang ada, guna bahan untuk melakukan inovasi dan kreasi bagi dinasnya, terlebih bagi daerahnya. Seperti menyoal perubahan iklim, politik pangan, hingga energi ramah lingkungan.

Ketika itu bisa dilakukan oleh jajaran ASN, maka Ganjar menyebutkan akan banyak perubahan positif yang bisa dihasilkan dari inovasi-inovasi yang dilahirkan jika ASN diberi ruang kebebasan.

"Kalau di Pemda itu ya teman-teman kepala dinas yang hari ini diklat, berikan ruang untuk mereka berekspresi, berinovasi, berkreasi dan dipercaya. Ketika itu dilakukan, maka terbukti banyak sekali projek perubahan ketika diklat kepemimpinan mereka buat," ucap Ganjar.

Lebih lanjut, di lingkungan Pemprov Jateng, Ganjar mencontohkan dalam waktu tiga bulan para ASN wajib memiliki proyek perubahan. Hal itu bertujuan agar terciptanya perkembangan bagi sistem birokrasi.

"Pengalaman Jawa Tengah, tiga bulan sejak membuat projek perubahan, harus sudah jalan. Maka dia sudah berimajinasi dari problem yang ada di dinas masing-masing akan mereka selesaikan," ungkap Ganjar. (mdk/cob)

Baca juga:
Survei Charta Politika: Ganjar dan Prabowo Bersaing Ketat di Lampung & Sumut
Survei Charta Politika: Ganjar Pranowo dan PDIP Unggul di Sumut
PPP Gelar Penjaringan Capres, Muncul Nama Anies, Ridwan Kamil, Ganjar hingga Khofifah
SMA Negeri di Solo Kurang, Gibran Minta Tambah Sekolah ke Ganjar
Terobosan Ganjar Atasi Banjir Jateng: Tabung Air di Dataran Tinggi
Esports Banyak Digandrungi Milenial, Ganjar Harap Ada Kaderisasi Atlet

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini