Ganjar: Keberadaan KRL akan Bersaing dengan Tol Yogyakarta-Solo

Ganjar: Keberadaan KRL akan Bersaing dengan Tol Yogyakarta-Solo
Jokowi Naik KRL relasi Yogyakarta-Solo. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo
PERISTIWA | 1 Maret 2021 19:15 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, keberadaan moda transportasi massal Kereta Rel Listrik (KRL) relasi Yogyakarta - Solo akan sangat menguntungkan masyarakat di kedua kota tersebut. Masyarakat Yogyakarta yang bekerja di Solo bisa pulang pergi langsung tanpa harus indekos di Solo demikian juga sebaliknya.

Menurut dia, keberadaan KRL bisa menyelesaikan persoalan transportasi di kedua kota. Dibandingkan dengan kereta diesel (KA Prameks) yang beroperasi sebelumnya, harganya juga jauh lebih murah.

"Dilihat dari kecepatan 10 menit lebih cepat, bagus. Ini produknya INKA (PT Industri Kereta Api), kita sendiri punya," ujar Ganjar usai menjajal KRL bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Klaten, Senin (1/3).

"Nanti orang Solo yang kerja di Yogya maupun orang Yogya yang kerja di Solo atau di tengahnya termasuk yang di Klaten, akan bisa memanfaatkan ini dengan baik," kata dia.

Ganjar mengatakan, moda transportasi ramah lingkungan yang akan diteruskan hingga Stasiun Solo Jebres itu nantinya akan bersaing dengan jalan tol Solo - Yogyakarta. Jalur tanpa hambatan itu saat ini sedang dalam proses pembangunan.

"Nanti pada akhirnya akan bersaing juga dengan tol Solo - Yogyakarta. Biar saja kalau itu," kata dia.

Dengan keberadaan KRL dan tol Solo - Yogyakarta, maka lanjut Ganjar, tingkat kepadatan penduduk dan potensi penduduk yang akan berpindah-pindah dari Solo dan Yogyakarta, akan semakin lancar.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan pengoperasian KRL relasi Yogyakarta-Solo Senin (1/3), Stasiun Tugu Yogyakarta. Kehadiran KRL diharapkan akan meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan bertransportasi serta memberikan nilai tambah ekonomi bagi warga sekitar. Selain itu juga akan mengurangi tingkat polusi udara. (mdk/gil)

Baca juga:
Pernah 9 Tahun Naik Kereta Api, Ganjar Merasa Nyaman Merasakan KRL
Hadiri Peresmian KRL Jogja-Solo, Ini Harapan Jokowi dan Sultan HB X
Menhub Budi akan Kembangkan KRL Hingga Jawa Timur
Jajal KRL Yogya-Klaten, Jokowi Pesan Kemenhub Bikin Transportasi Ramah Lingkungan
Jokowi Harap KRL Yogya-Solo Bisa Tingkatkan Pariwisata dan Ekonomi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami