Ganjar Sarankan Santunan Orang Miskin dan Pengemis Lewat Lembaga Resmi

Ganjar Sarankan Santunan Orang Miskin dan Pengemis Lewat Lembaga Resmi
ganjar tepati janji ke KPK. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko
PERISTIWA | 17 Januari 2019 22:35 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyarankan masyarakat untuk menyalurkan bantuan untuk warga kurang mampu melalui lembaga resmi, bukan dengan memberikan langsung kepada pengemis. Hal tersebut diutarakan Ganjar setelah menyikapi fenomena pengemis di Pati, Legiman (58) yang memiliki harta berlimpah hasil dari meminta-minta.

"Kan sudah ada lembaga resmi, jadi kalau menyalurkan santunan lewat lembah yang ditunjuk resmi, saya jamin tidak disalahgunakan," kata Ganjar kepada wartawan di Semarang, Kamis (17/1).

Menurutnya, profesi sebagai pengemis menunjukkan orang tersebut bersifat pemalas. "Bayangkan saja orang miskin seperti pengemis bisa menjadi kaya itu menunjukkan sifat pemalas. Kalau bisa orang hidup itu bekerja, hukumnya kan memberi tidak meminta," lanjutnya.

Dia menyebut, banyaknya pengemis meminta-minta di jalanan tidak lepas dari warga yang iba melihat kondisinya. Justru dengan memberikan uang kepada pengemis, membuat mereka semangat untuk kembali ke jalanan.

"Ya intinya jangan ngasih pengemis di jalanan. Itu sudah ada aturan di setiap kabupaten/kota, dengan memberi ke mereka menjadi insentif bagi mereka," jelasnya.

Sebelumnya seorang pengemis bernama Legiman (28) warga Desa Ngawen, Kecamatan Margorejo, Pati ditangkap Satpol PP dalam operasi pengemis gelandangan dan orang terlantar (PGOT). Dia mengaku membawa uang hasil mengemis dengan nominal cukup banyak. Bahkan yang mengagetkan banyak pihak, dia mengaku punya harta Rp 1 miliar. (mdk/cob)

Baca juga:
Tekan Gini Ratio ke 0,38, Pemerintah Dorong Industri 4.0 dan Ekonomi Digital
10 Year Challenge, Potret Kemiskinan Indonesia
Potret Permukiman Kolong Tol di Tengah Angka Kemiskinan Menurun
Pimpinan Komisi XI DPR Geram Kampung Halamannya Disebut Paling Rentan Miskin
Pidato Prabowo Sentil Tingginya Kemiskinan Saat ini, Cek Faktanya di Sini
5 Fakta di Balik Turunnya Jumlah Penduduk Miskin RI Capai 25,26 Juta Orang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami