Ganjar Sebut Wilayah Jateng Siap Perpanjangan PPKM

Ganjar Sebut Wilayah Jateng Siap Perpanjangan PPKM
Gubernur Ganjar Ingatkan Warga yang Abai Pakai Masker. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 22 Januari 2021 02:31 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan seluruh kabupaten kota di wilayahnya siap memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga 8 Februari 2021.

"Seluruh kabupaten dan kota sudah berpartisipasi, sudah 100 persen, terakhir Kendal. Kalau nanti diberlakukan perpanjangan, semua sudah melakukan. Solidaritas teman-teman bupati dan wali kota sangat hebat, mereka punya kesadaran bersama-sama menerapkan PPKM," kata Ganjar Pranowo, Kamis (21/1).

Dia menyebut dari 35 kabupaten kota di Jateng yang sudah ikut menerapkan PPKM. Saat ini, Ganjar sedang menunggu keputusan Pemerintah Pusat rencana perpanjangan pembatasan sosial se-Jawa dan Bali hingga 8 Februari 2021.

"Kami masih menunggu keputusannya. Intinya, PPKM pertama hasilnya belum menggembirakan. Maka perlu perpanjangan untuk menekan angka positif covid-19," ujarnya.

Demi menerapkan PPKM di Jateng, pihaknya sudah menyiapkan anggaran senilai Rp1 triliun. Anggaran ini nantinya digunakan untuk mengantisipasi dampak buruk penerapan PPKM.

"Saya minta minimal Rp1 triliun disiapkan. Jadi, bisa berkembang lagi. Mudah-mudahan masyarakat bisa bertahan, tapi kalau tidak, negara harus hadir membantu," ujarnya.

Pemerintah Provinsi sedang berkoordinasi dengan Pusat terkait rasionalisasi anggaran penerapan PPKM. Dia meminta Pemerintah Pusat menyiapkan payung hukum bagi daerah menyiapkan anggaran PPKM.

"Kami komunikasi terus dengan pusat agar mendapatkan payung hukum, apakah kita perlu refocusing. Sambil menunggu aturan itu, saya sudah menyiapkan dan bisa dieksekusi," ungkap dia.

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM Jawa-Bali selama dua pekan, yakni mulai 25 Januari hingga 8 Februari mendatang. Hal ini disebabkan pemberlakuan PPKM tahap pertama belum menunjukkan hasil positif karena jumlah kasus Covid-19 terus meningkat. (mdk/gil)

Baca juga:
Komisi IX DPR Dukung PPKM Diperpanjang
PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 8 Februari
PPKM Diperpanjang, Pemkot Solo Bakal Kumpulkan Pelaku Usaha
PPKM Diperpanjang, Mal Diberi Kelonggaran Tutup Sampai Pukul 8 Malam
PPKM Diperpanjang, Mall & Restoran Buka hingga Pukul 8 Malam
Airlangga: Evaluasi PPKM, 73 Kabupaten/Kota Masih Berisiko Tinggi Penularan Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami