Gara-Gara Corona, Sejumlah Patung Ikon Kota Tegal Dipakaikan Masker

Gara-Gara Corona, Sejumlah Patung Ikon Kota Tegal Dipakaikan Masker
PERISTIWA | 8 April 2020 17:05 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Penyebaran virus corona di Jawa Tengah semakin meningkat. Pemerintah daerah gencar melakukan kampanye pencegahan, salah satunya dengan pemakaian masker pada Patung Obor di perempatan Pakembaran Slawi, Kabupaten Tegal.

Bupati Tegal, Umi Azizah mengatakan pemasangan masker sebagai simbolisasi guna mengingatkan warganya tentang wabah Covid-19.

"Intinya kami mengingatkan warga dan para pengguna jalan agar selalu gunakan masker saat berada di luar rumah," kata Umi Azizah, Rabu (8/4).

Dia mengungkapkan tidak ada yang unik dalam menyampaikan simbol tersebut. Namun kata Umi hanya berupaya melaksanakan instruksi Presiden Joko Widodo agar penggunaan masker kain ini masif di masyarakat.

"Jadi kami hanya kampanyekan imbauan pemerintah dengan cara unik, cerdas dan jenaka. Tujuannya sama, membangun kesamaan persepsi yang berujung kesadaran publik," jelasnya.

Pemasangan masker berukuran jumbo ini tidak hanya di Patung Obor, namun juga di sejumlah patung yang letaknya strategis di persimpangan jalan seperti pertigaan Tuwel.

Pemkab Tegal juga mewajibkan penggunaan masker di sejumlah area, seperti di rumah sakit dan puskesmas. "Di mana warga juga bisa mendapatkannya gratis sepanjang masih tersedia stoknya. Sekarang sudah menjadi standar perilaku hidup bersih dan sehat, sama halnya dengan physical distancing dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin," ungkapnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Menko Muhadjir: PSBB Tak Mudah, Butuh Komitmen Pemerintah & Masyarakat untuk Patuh
Pemerintah Telah Periksa 15.000 Lebih Spesimen untuk Tes PCR Covid-19
Tenaga Medis Tangani Pasien Corona di Riau Diberi Tunjangan Rp2 Juta per Hari
Setelah Jakarta Disetujui, Sejumlah Daerah Mulai Minta Izin Lakukan PSBB
Kisah Pria Malaysia Jalan Kaki 120km Usai Pulang dari Jepang Agar Tak Menulari Corona
Ramayana Depok PHK 87 Karyawan Akibat Covid-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami