Gara-gara Dilintasi Truk, Jembatan Darurat di Jalintim Sumatera Ambles

PERISTIWA | 24 Juni 2019 17:06 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera di perbatasan Lampung-Sumatera Selatan kembali terjadi penumpukan kendaraan. Penyebabnya, ada truk bermuatan yang menerobos sehingga membuat jembatan darurat jebol.

Peristiwa itu terjadi saat truk dari Lampung menuju Sumsel nekat melintasi jembatan darurat yang terbuat dari kayu, Minggu (23/6) sore. Sontak membuat kendaraan pribadi dari arah Lampung menuju Sumsel atau sebaliknya tak bisa bergerak.

Petugas dibantu warga segera menarik truk yang terperosok di atas jembatan. Kemudian dilanjutkan dengan perbaikan jembatan sehingga lalulintas kembali normal.

Kapolsek Mesuji, Ogan Komering Ilir, AKP Darmanson mengatakan, pihak kepolisian telah memberlakukan larangan melintas di Jalintim Sumatera bagi kendaraan bermuatan seperti truk dan fuso atau lainnya. Jembatan darurat tersebut hanya bisa dilewati kendaraan pribadi dan sepeda motor untuk mengurangi penumpukan di Jalan Lintas Tengah.

"Sejak Jembatan Pematang Panggang rusak, truk atau sejenisnya dialihkan ke Jalinteng. Ternyata kemarin sore ada truk menerobos, jadi jembatan darurat yang dibangun jebol," ungkap Darmanson, Senin (24/6).

Dia mengatakan, akibat kejadian itu membuat kemacetan terjadi beberapa jam. Hal ini tidak perlu terulang karena merugikan pengendara lain.

"Truk dan pengemudinya diiamankan di Mapolres Mesuji Lampung karena masuk wilayah hukum Lampung," ujarnya.

Dia menambahkan, proses perbaikan Jembatan Pematang Panggang terus dikebut pihak terkait. Perbaikan diprediksi akan rampung beberapa pekan lagi hingga kembali bisa dilewati seperti biasa.

Diberitakan sebelumnya, Jembatan Pematang Panggang ambles akibat dilintasi truk fuso bermuatan lebih dari 40 ton, Senin (17/6) dini hari. Roda mobil tersangkut lantaran badan jembatan ambruk.

Kejadian itu membuat kendaraan lain dari arah OKI maupun Lampung atau sebaliknya tak bisa melintas. Kemacetan parah pun tak terelakkan hingga ke Desa Sungai Pinang, Ogan Ilir yang berjarak belasan kilometer.

Untuk mengantisipasi kemacetan, kepolisian mengalihkan kendaraan bermuatan melewati Jalinteng. Sementara kendaraan pribadi melewati jembatan darurat atau jalan tol.

Baca juga:
Urai Kemacetan di Jalintim Sumatera, Pemerintah Bangun Jembatan Darurat
Gubernur Sumsel Geram Petugas Izinkan Truk Overload Lewat Jembatan Pematang Panggang
Kementerian PUPR Nilai Jembatan Pematang Panggang Ambles Akibat Truk Over Muatan
Jembatan Pematang Panggang Ambles, Lalu Lintas Lampung-Sumsel Terputus
Jembatan Pematang Panggang Putus, Jalan Lintas Timur Ditutup Selama 2 Pekan

(mdk/ray)