Gara-gara foto, 6 pendaki ABG dan 1 bocah hilang di Gunung Lawu

PERISTIWA | 30 Juli 2015 06:01 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Tujuh pendaki, enam ABG dan satu masih bocah hilang saat muncak ke Gunung Lawu, yang berada di perbatasan Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah dan Magetan Jawa Timur, Sabtu (25/7). terakhir kali sebelum dinyatakan hilang, ketujuh pendaki sedang asyik berfoto-foto di puncak. Bahkan mereka rela menunggu matahari tenggelam meski kabut sudah mulai turun.

Namun siapa yang menyangka, jika aksi nekat para pendaki usia belasan ini berujung petaka. Sejak saat itu, mereka dinyatakan hilang.

"Informasi yang kami terima, mereka naik ke puncak melalui pintu Cemoro Kandang pada Sabtu pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Sampai Selasa pagi mereka terpantau sehat dan sedang berfoto-foto. Namun saat diajak turun mereka beralasan akan menunggu matahari tenggelam dulu," kata Kapolres Karanganyar, AKBP Mahedi Surindra yang ditemui wartawan di Posko Cemoro Kandang.

Operasi gabungan besar-besaran dibentuk untuk mencari mereka. Melibatkan 150 personel dari relawan BPBD, tim SAR Surakarta, relawan anak Gunung Lawu (AGL), Kepolisian, TNI dan warga, serta keluarga korban.

Ketujuh pendaki tersebut bernama Abdul (8), Sasi (11), Refi (18), Maya (18) Rizai (18), Puput (18) serta Gabriel (18).

Hilangnya para pendaki pertama kali dilaporkan oleh Inal, orangtua Abdul, Sasi dan Refi. Inal mengatakan ketiga anaknya dan empat rekannya berpamitan mendaki ke Gunung Lawu dengan perbekalan seadanya. Mereka akan berada di sana dari 25 hingga 27 Juli. Namun setelah sekian lama ditunggu, mereka tak kunjung kembali.

Inal lantas mencari hingga Posko 4 pendakian Lawu, namun dia terpaksa menelan kekecewaan. Dia lantas kembali turun karena tidak kuat dengan cuaca dingin. Bahkan karena cuaca buruk, jalur pendakian dari Cemoro Kandang ditutup.

Inal kemudian melaporkan kehilangan anak ke Posko Cemoro Kandang. (mdk/cob)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.