Gara-gara Foto Kucing Tergantung di Pohon, Akun FB Ini Dilaporkan ke Polda Bali

PERISTIWA | 16 Desember 2019 16:10 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Akun Facebook bernama @Dewa Candra dilaporkan ke Polda Bali oleh pecinta hewan di Bali Animal Defender dan Bali cat lover, karena mengunggah sebuah foto kucing yang tergantung di pohon hingga mati.

Founder Bali Cat Lover, Junian Christina menerangkan, akun tersebut mengunggah foto kucing digantung di pohon, Sabtu (14/12), dan juga memuat satu paragraf tulisan berbahasa Bali.

"Dia mem-posting di komunitas merpati karangasem KMK. Dengan caption yang artinya yang seperti ini 'yang makan burung dara, pantas saja hilang 9 ekor burung dara. Sekarang saya intai kamu seminggu'. Dan ditemukan kucing ini dibunuh seperti ini," kata Junian di Mapolda Bali, Senin (16/12).

Dia juga menyampaikan, bahwa di Indonesia sudah ada aturan yang melindungi hewan. Hal itu, tertuang dalam Pasal 302 KUHP dan Undang-Undang Peternakan dan Kesehatan Hewan Nomor 41 Tahun 2014. Selain itu, pihaknya sangat menyesalkan adanya aksi menggantung kucing di pohon.

"Kita sebagai makhluk sosial seharusnya bisa memiliki pemikiran yang luas dan memiliki hati. Tak harus seperti ini. Kucing juga makhluk hidup, kalau tak suka bisa dilaporkan kami untuk membantu selamatkan ini," ungkapnya.

Junian juga mengatakan, untuk memberikan efek jerah pada akun tersebut, pihaknya melaporkannya ke Mapolda Bali agar tidak ada lagi perlakuan kepada binatang seperti itu.

"Kami ingin memberi efek jera ke mereka yang punya kebiasaan berlaku seperti ini. Bukan hanya kucing tapi anjing juga. Kita tak bisa menyiksa seperti itu. Kalau tidak suka iya usir saja," ujarnya. (mdk/cob)

Baca juga:
4 Potongan Gading Gajah dari Malaysia Gagal Diselundupkan Lewat Nunukan
Orangutan Ditemukan dengan 24 Luka Tembak Hingga Kedua Mata Buta
Gajah Betina Ditemukan Mati Keracunan di Aceh
Video Kucing Dicekoki Ciu Direkam di Tulungagung, Begini Kronologi Lengkapnya
Orangutan Ditemukan Sekarat di Kebun Sawit Kalteng, 70 Peluru Bersarang di Tubuh
Kisah Anak Kuda di Suriah Jadi Korban Perang

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.