Gara-gara Kopi, Polisi di Kudus Reflek Pukul Seorang Penyandang Disabilitas

Gara-gara Kopi, Polisi di Kudus Reflek Pukul Seorang Penyandang Disabilitas
PERISTIWA | 13 Desember 2019 21:33 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Anggota Polsek Gebog, Kudus, berinisial DJ memukul seorang tuna grahita bernama Ridho (30) saat berada di Kecamatan Gebog. Dugaan pemukulan itu dipicu lantaran korban meminta kopi dengan melakukan gerak reflek, mengayunkan tangannya di depan anggota polisi itu.

"Jadi ini mungkin penyebab tidak sengaja terkena tangan dari oknum polisi tersebut yang juga reflek. Akibatnya korban mengalami luka lebam di bagian hidung," kata Wakapolsek Gebog Iptu Imam Soekirno, Jumat (13/12).

Dia mengungkapkan kejadian bermula ketika anak keterbelakangan mental itu mengetahui segelas kopi di depan polisi yang sedang berjaga di kantor bank, Kamis (12/12) pukul 11.00 WIB. Ketika itu, Ridho yang punya kebiasaan meminta kopi langsung mengambilnya.

"Tidak tahu kenapa kopi yang dia pegang itu mungkin panas kok tiba-tiba tangannya ke depan anggota. Anggota yang reflek tangannya juga bergerak mengenai hidung korban. Jadi bukan pemukulan, ini akan kami jadikan pembelajaran dan selanjutnya dilakukan pembinaan langsung oleh Kapolsek," jelasnya.

Terkait polisi melakukan dugaan pemukulan akan dikenakan sanksi. Polsek Gebog sudah melakukan mediasi antara jajarannya bersama keluarga korban.

"Untuk anggota sudah damai dengan korban (Ridho) dan keluarganya. Tentunya tidak ada yang menuntut lagi, mereka sudah saling memaafkan," jelasnya.

Soekirno menambahkan, anggota yang terlibat pemukulan baru bertugas di Polsek Gebog. Sehingga mungkin yang bersangkutan tidak mengetahui jika Ridho memiliki gangguan mental.

"Yang bersangkutan tidak mengetahui jika Ridho punya disabilitas jiwa," tutupnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Penyandang Disabilitas di Bandung Tuntut Mensos Tak Ubah Status Panti Sosial
Pekerja Disabilitas di BUMN Kurang dari 1 Persen
Pemerintah dan BUMN Beri Peluang Disabilitas Meniti Karir, Ini Syaratnya
Belajar Arti Kesetaraan dari Kaum Disabilitas
Semangat Penyandang Disabilitas Ikut Lomba Lari di Jalur Gaza

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami