Garut akan Gencarkan Vaksinasi Massal di Setiap Kecamatan agar Kembali ke Level 2

Garut akan Gencarkan Vaksinasi Massal di Setiap Kecamatan agar Kembali ke Level 2
Suntik vaksin dosis kedua. ©2021 Merdeka.com/foto: pixabay.com
NEWS | 7 Oktober 2021 09:57 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Bupati Garut Rudy Gunawan mengaku bahwa pihaknya berkeinginan agar Kabupaten Garut bisa kembali ke level 2 pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Untuk bisa mencapai hal tersebut, ia mengaku akan menggencarkan vaksinasi agar target 50 persen bisa tercapai di Oktober ini.

"Jadi 24 kabupaten kota di Jawa Barat mengalami kenaikan level dari level 2 ke level 3 karena sekarang ada syarat baru. Level 2 itu vaksinnya harus sudah diatas 40 persen, nah Garut kan belum di 40 persen. Level itu persyaratan barunya ditentukan oleh vaksinasi, kalau vaksinasi 50% itu sudah bisa ke level 2, diatas 70% (ke) level 1," kata Bupati, Kamis (7/10).

Ia menyebut bahwa pihaknya sudah berupaya agar vaksinasi bisa dilakukan serentak dengan melibatkan sejumlah unsur, termasuk di dalamnya TNI-Polri. Targetnya, kegiatan vaksinasi di bulan Oktober bisa mencapai 50 persen agar kembali turun level.

"(target) 50 persen itu sebenarnya inginnya di bulan Oktober ini. Kalau Oktober kami ada 600 ribu (dosis) kan berarti kami sudah 50% dosis 1," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Asep Surachman mengungkapkan bahwa saat ini capaian vaksinasi di Garut untuk dosis pertama baru 27,6 persen dan dosis duanya 11 persen.

"Untuk mempercepat vaksinasi agar mencapai target vaksinasi 50 persen dosis pertama, kami akan menggelar vaksinasi massal di kecamatan-kecamatan, namun tetap melakukan vaksinasi di puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Garut," ungkapnya.

Asep menyebut bahwa saat vaksinasi di daerah-daerah, pihaknya cukup kesulitan dengan animonya yang kurang bagus. Kondisi tersebut bertolak belakang dengan masyarakat yang ada di kawasan perkotaan Garut yang animonya sangat tinggi.

Walau begitu, pihaknya akan terus tetap menggencarkan kegiatan vaksinasi. "Kita akan melaksanakan strategi vaksinasi secara massal di beberapa tempat, bukan hanya di Sentra Vaksinasi Pendopo, tetapi di setiap kecamatan kita akan buka vaksinasi massal," sebutnya.

Ia berharap agar masyarakat terlibat aktif mensukseskan kegiatan vaksinasi yang saat ini gencar dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Garut. Hal tersebut menurutnya harus dilakukan agar Kabupaten Garut kembali turun di masa perpanjangan PPKM yang akan datang.

"Vaksinasi dosis kesatu harus kita kejar (50 persen) dengan cara bagaimanapun. Sasaran yang ada di lapangan ayo kita vaksinasi secara massal, baik di kecamatan, di puskesmas, maupun di Pendopo," tutup Asep. (mdk/eko)

Baca juga:
Wagub DKI Minta Bodetabek Tingkatkan Vaksinasi Agar Level PPKM Jakarta Turun
Jabodetabek PPKM Level 3, Wagub DKI Minta Kota Penyangga Jakarta Kejar Vaksinasi
Ke Jateng, Wapres Tinjau Vaksinasi dan Pimpin Rakor Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem
Dokter Reisa Ungkap 2 Cara Lindungi Anak di Bawah 12 Tahun dari Covid-19
Kemenkes: Pemerintah Atur Strategi Distribusi Vaksin ke Daerah
Anak di Bawah 12 Tahun Sudah Boleh Masuk Mal di Tangerang, Taman Belum Dibuka
Satgas: Terdapat 54 Juta Penerima Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami