Gas CO2 Tutupi Jalan, Warga Cimoene Tangerang Panik

Gas CO2 Tutupi Jalan, Warga Cimoene Tangerang Panik
Gas CO2 tutupi Jalan Gatot Subroto, Cimone, Kota Tangerang, Rabu (6/7) pagi. @Instagram
NEWS | 6 Juli 2022 10:50 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Warga dan pengendara dibuat panik dengan munculnya gas CO2 yang menyelimuti kawasan di Jalan Gatot Subroto, Cimone, Kota Tangerang, Rabu (6/7) pagi. Kondisi berkabut itu pun sempat menyebabkan arus lalu lintas tersendat.

Kapolsek Karawaci Kompol Hasoloan Situmorang memastikan saat ini situasi lalu lintas telah kembali normal. Kabut dari gas CO2 yang menghalangi jarak pandang warga pun telah hilang.

Warga sempat menduga gas yang bocor adalah oksigen. Namun, hal itu diluruskan Hasoloan. "Itu bukan gas oksigen tapi CO2 yang diperuntukkan untuk bahan APAR (alat pemadam api ringan), tidak mudah terbakar," katanya saat dikonfirmasi.

2 dari 2 halaman

Bukan Kebocoran

Dia menyebutkan kalau gas CO2 yang menyelimuti Jalan Gatot Subroto itu bukan disebabkan adanya kebocoran. Peristiwa itu terjadi karena kelalaian karyawan di gudang distributor APAR yang berada di dekat lokasi.

"Itu bukan kebocoran, ada kelalaian dari karyawan, waktu ditutup kerannya itu terbuka. Tapi sekarang di lokasi sudah kondusif, sudah aman," terang dia.

Hasoloan menjelaskan, masyarakat panik saat gas CO2 menyelimuti jalan, karena jarak pandang terhalang. "Jadi mengundang perhatian masyarakat dan ada perlambatan lalu lintas. Jadi dia itu kan asap, karena di dalam perusahaan distributor itu kan derajatnya minus tuh, akhirnya mengeluarkan asap (menguap) dia kan liquid gitu. Saya sudah ngobrol sama (perusahaannya) jadi kalau keluar itu minus 100, jadi kalau dia (asap) keluar, langsung jadi es beku. Es nya itu kaya dry es gitu mengeluarkan asap," jelasnya.

Sebelumnya, beredar video viral yang menyebutkan adanya kebocoran gas di Jalan Gatot Subroto, Cimonez Kota Tangerang. Dalam narasinya pengunggah menduga gas yang bocor adalah oksigen. (mdk/yan)

Baca juga:
Investigasi Pertamina: Ledakan di Prabumulih Akibat Akumulasi Uap Gas Oil Pit
PLTP Dieng Alami Kebocoran Gas Beracun, Ini 3 Faktanya
Polisi Sterilisasi PLTP Dieng yang Bocor hingga Menewaskan 1 Orang
Penjelasan Geo Dipa Terkait Kebocoran Gas di PLTP Dieng hingga Menewaskan 1 Orang
Pipa Minyak di Meksiko Meledak Akibat Pencurian
Ratusan Drum di Batang Keluarkan Bau Menyengat, Ganggu Pernapasan hingga Warga Mual

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini