Gelapkan Raskin 3 Tahun, Mantan Kades di Garut Ditahan Kejari

Gelapkan Raskin 3 Tahun, Mantan Kades di Garut Ditahan Kejari
PERISTIWA | 10 Juli 2020 11:10 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Mantan Kepala Desa di wilayah Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut dan rekannya ditahan Kejaksaan Negeri Garut. Penahanan dilakukan setelah keduanya diduga melakukan penggelapan beras untuk masyarakat miskin (Raskin) selama tiga tahun berturut-turut.

Kepala Kejaksaan Negeri Garut, Sugeng Hariadi, menyebut dua orang yang ditahan berinisial DR dan DS. Kedua orang tersebut adalah mantan Kepala Desa Mekarsari, Kecamatan Cibalong dan rekanan dari pihak swasta.

"Untuk yang Kepala Desa ini masalah raskin. Kepala Desa Mekarsari, Cibalong. Ada dua orang tersangka. Satunya swasta, satu mantan kepala desa," sebutnya, Jumat (10/7).

Sementara itu, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Garut, Deni Marincka Pratama menyebut bahwa sang mantan Kepala Desa diduga tidak mendistribusikan raskin kepada masyarakat. Raskin yang tidak didistribusikan sendiri adalah pada tahun 2014, 2015, dan 2016.

Karena apa yang dilakukan tersebut, timbul kerugian sekitar Rp1,7 miliar.

"Itu dari tiga tahun. Itu untuk kepentingan pribadi dia. Jadi dari Bulognya sudah keluar, tapi tidak didistribusikan kepada masyarakat," ungkapnya.

Pihaknya terus mengembangkan kasus tersebut. Kepada dua tersangka yang saat ini telah ditahan, keduanya dikenakan pasal 2 dan 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Ancaman hukuman minimalnya 4 tahun penjara," tutupnya. (mdk/lia)

Baca juga:
Gelapkan Dana Rp1 M, Perwira eks Bendahara Brimob Polda Sulsel Divonis 2,5 Tahun Bui
Buron Pembobol BNI Maria Pauline Lumowa Tiba di Bandara Soekarno-Hatta
Menko Polhukam & Menkumham Angkat Bicara Soal Penangkapan Maria Pauline Lumowa
Pemerintah Bakal Pulihkan Aset BNI yang Dibobol Maria Lumowa
Mahfud MD Ungkap Penahanan Maria Pauline Lumowa Habis Jika Tak Segera Dibawa Pulang
Kronologi Lengkap Buronan Maria Pauline Lumowa Diekstradisi dari Serbia

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami