Gelar Rapid Test di Surabaya, Satgas Covid-19 BIN Temukan 136 Orang Reaktif

Gelar Rapid Test di Surabaya, Satgas Covid-19 BIN Temukan 136 Orang Reaktif
PERISTIWA | 3 Juni 2020 23:30 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Badan Intelijen Negara (BIN) kembali melanjutkan rangkaian rapid test di Surabaya, Jawa Timur. Memasuki hari ke-6, Rabu (3/6), BIN menggelar rapid test di dua titik di ibu kota Jawa Timur ini.

Dua titik lokasi ini yaitu Masjid Agung Al-Akbar Surabaya dan Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya. Rapid Test massal ini merupakan arahan langsung dari Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan.

Head of Medical Intelligence, Dr Sri Wulandari, pihaknya telah melakukan rapid terhadap 877 orang di sisi Barat Masjid Agung Al-Akbar Surabaya. Hasilnya 77 orang reaktif Covid-19.

"Sedangkan yang di swab test itu ada 79 (2 tambahan PDP dari puskesmas setempat)," kata Dr Wulandari dalam keterangannya.

Sementara, lokasi kedua rapid test di Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya, BIN telah melakukan rapid test terhadap 715 orang. Hasilnya 61 orang reaktif.

"Untuk yang swab kita lakukan terhadap 106 orang (50 orang rujukan dari puskesmas dan RS Paru). Sedangkan 5 orang menolak untuk ikut swab test," jelasnya.

Mereka yang hasilnya reaktif langsung dilakukan swab test. Bila hasilnya positif maka akan diisolasi ke lokasi yang telah ditentukan oleh Pemkot Surabaya.

1 dari 1 halaman

Kegiatan rapid test massal ini didukung tenaga medis, analis laboratorium dan tenaga pedukung sebanyak 40 orang dari Jakarta dan dibantu 20 anggota Binda Jatim.

Satgas lawan Covid-19 BIN membawa langsung mobil laboratorium Covid-19, ambulans dan peralatan pendukung lainnya di kota Surabaya dan sekitarnya. Mobil Laboratorium ini merupakan satu dari lima mobil laboratorium Biosafety Level 2 (BSL-2) yang bersertifikat internasional pertama di Indonesia.

Dalam rapid test ini, BIN menyiapkan 2.000-3.000 alat rapid test beserta 2 mobil lab untuk test PCR atau swab test setiap harinya. Swab test ini diperuntukan bagi warga yang reaktif Covid-19. Mobile Lab dari BIN ini dapat mengambil 300 sampel per harinya. Adapun hasil Swab Test bisa diketahui hanya dalam 2,5 jam.

Sebelumnya, BIN telah menggelar rapid test masal Covid-19 di sejumlah titik di Surabaya. Selain menggelar rapid test, BIN juga memberikan bantuan ribuan alat-alat kesehatan untuk Pemkot Surabaya guna memutus rantai penyebaran Covid-19. (mdk/ray)

Baca juga:
Disdag Solo Terus Lakukan Rapid Test Usai Belasan Pedagang Pasar Reaktif
Rapid Test di Kota Serang, Satu Orang Reaktif Covid-19
Antisipasi Penyebaran Covid-19, RSUI Gelar Program Pekan Swab Test
Percepat Pemeriksaan Sampel Covid-19, Sumsel Tambah Laboratorium dan 3 Mesin TCM
Seorang Pedagang di Denpasar Positif Corona, 76 Orang Di-rapid Test

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5