Gelar Tes Antigen, BIN Lacak Covid-19 usai Libur Lebaran

Gelar Tes Antigen, BIN Lacak Covid-19 usai Libur Lebaran
BIN lacak covid usai libur lebaran. ANTARA
NEWS | 10 Juni 2021 20:54 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Pelacakan kasus aktif Covid-19 terus dilakukan usai libur lebaran. Salah satunya, Medical Intelijen Badan Intelijen Negara (BIN) yang menggelar tes antigen di SMA Al Azhar 2 Pejaten Jakarta Selatan.

"Kita tidak bisa diam. Kita selalu bergerak melakukan penelusuran kepada seluruh masyarakat dan membantu pemerintah untuk melaksanakan swab antigen, termasuk PCR," kata Kepala Pelaksana Harian Sub Gugus Tugas BIN Brigjen TNI Irwan Maulana, seperti dikutip Antara, Kamis (10/6).

Untuk melacak penyebaran Covid-19, tim medis BIN menurunkan 25 tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter dan perawat. Selain itu, BIN juga mengerahkan dua unit mobile laboratory.

Pada tahap awal sudah ada 42 orang yang telah dilakukan tes cepat antigen dengan hasil negatif. Mereka terdiri dari guru, murid, wali murid hingga warga di sekitar lingkungan SMA Al Azhar 2 Pejaten, Jakarta Selatan.

Secara keseluruhan BIN menargetkan 250 orang untuk dilakukan tes cepat antigen. Apabila ada peserta yang hasil tes swab antigennya positif maka akan dilanjutkan dengan tes swab PCR di mobile laboratory.

"Apabila nanti hasil swab ada yang positif kita akan lanjutkan pelaksanaan PCR dengan harapan lima sampai enam jam hasilnya sudah ada," kata dia.

Sementara itu, Kepala SMA Islam Al Azhar 2 Pejaten, Abu Hurairah mengatakan tes cepat antigen yang dilakukan BIN merupakan salah satu upaya nyata dalam memutus rantai penularan Covid-19.

"Ini merupakan wujud kerja sama yang sangat baik antara sekolah, pemerintah dan masyarakat. Karena kita semuanya ingin hidup sehat sehingga Indonesia dapat segera keluar dari pandemi Covid-19," katanya. (mdk/rhm)

Baca juga:
120 Pengendara di Suramadu Positif Covid-19 Usai Jalani Tes Swab PCR
Hindari Tes Swab di Jembatan Suramadu, 98 Warga Rela Tinggalkan Dokumen Penting
Kegiatan Testing PCR untuk Tekan Penyebaran Corona
90 Warga Satu RW di Gerendeng Tangerang Positif Covid-19
VIDEO: Kesal Tolak Tes Swab, Bang Jago Ajak Duel Petugas di Jembatan Suramadu
Kepala BNPB Acungi Jempol Penanganan Covid-19 di Surabaya

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami