Geledah Indekos Mahasiswa Terduga Terafiliasi ISIS, Densus 88 Amankan Pisau dan Gotri

PERISTIWA | 11 Oktober 2019 19:49 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Densus 88 Antiteror menggeledah indekos di Jalan Gunung Batu, Kota Bandung. Itu berkaitan dengan tindak lanjut penangkapan seorang pria berinisal WBN yang diduga terafiliasi dengan ISIS. Dalam penggeledahan yang dilakukan pada Kamis (10/10) itu, anggota Densus 88 menyita satu bungkus gotri airsoft gun, empat isi ulang gas airsoft gun, satu pisau belati, sejumlah dokumen fotokopi, catatan nomor ponsel dan beberapa pakaian.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa WBN sudah diamankan terlebih dahulu beberapa hari sebelum penggeledahan.

"Penggeledahan dilakukan di kamar kosan dekat bengkel di Jalan Gunung Batu, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. Itu berkaitan dengan pria yang diduga terlibat kelompok teroris," kata Trunoyudo saat dihubungi, Jumat (11/10).

Truno mengaku tidak bisa memberikan informasi yang lebih detail. Semua pengembangan dan jaringan WBN didalami Densus 88 antiteror. Pasalnya terduga teroris itu pun diduga satu jaringan dengan terduga teroris yang berinisial AR dan SS yang diamankan pada September lalu di Bekasi.

"Mereka diduga akan menyiapkan aksi teror di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. WBN ini keterkaitannya masuk dalam kelompok AR dan SS saat September lalu telah tertangkap, di mana kita juga telah melakukan penggeledahan yang ada di Cimahi, yang menjadi tempat perakitan bahan peledak atau bom," ungkapnya.

Terpisah, salah seorang saksi bernama Agus Salim membenarkan adanya penggeledahan Densus 88 di indekos WBN. Ada beberapa anggota polisi dari lima mobil yang datang melakukan penggeledahan.

Sepengetahuan Agus, WBN adalah warga Tasikmalaya yang kuliah di jurusan perfilman di salah satu universitas swasta di Kota Bandung. "Saya tahunya (WBN) yatim piatu. Tapi saya tidak tahu kalau dia diduga masuk jaringan teroris, karena aktivitasnya biasa saja seperti mahasiswa pada umumnya," ucap dia.

Baca juga:
Densus 88 Antiteror Tangkap 2 Orang di Bali
Usai Penusukan Wiranto, Polisi Deteksi Kelompok Anarkis di Jatim
Bripda Nesti Ode Samili Terpapar Paham Radikal dari Sosmed
Mabes Polri Sebut Polwan Terpapar Radikalisme Aktif Komunikasi dengan JAD Bekasi
Terpapar Paham Radikal, Bripda Nesti Ode Terancam Dipecat

(mdk/cob)