Geledah Kantor Pemkot Banjar, KPK Amankan Berkas-Berkas

Geledah Kantor Pemkot Banjar, KPK Amankan Berkas-Berkas
PERISTIWA | 10 Juli 2020 19:54 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Sejak Kamis (9/7) hingga Jumat (10/7), sejumlah penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah sejumlah kantor pemerintahan di Kota Banjar. Dalam proses tersebut, penyidik KPK hanya mengamankan sejumlah berkas saja, tidak menahan seorang pun.

Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana membenarkan adanya kegiatan penggeledahan yang dilakukan oleh penyidik KPK di sejumlah kantor pemerintahan. Namun meski demikian, ia enggan memberikan komentar lebih jauh terkait kegiatan tersebut.

Meski sejumlah kantor pemerintah di Kota Banjar diperiksa KPK, Nana memastikan bahwa pemerintahan Kota Banjar tidak terganggu. "Insyaallah pemerintahan tetap berjalan seperti biasa," kata dia kepada wartawan, Jumat (10/7).

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam rilis yang diterima mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan penyidikan terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjar pada 2012-2017.

Tim penyidik KPK, disebutnya, saat ini sedang melakukan tahap pengumpulan alat bukti, diantaranya memeriksa saksi dan melakukan kegiatan penggeledahan di beberapa tempat di Kota Banjar. Ia menyebutkan, tempat yang digeledah antara lain Pendopo Walikota Banjar dan Dinas PUPR Kota Banjar.

Fikri sendiri belum bisa menyampaikan detail pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka. Ia mengatakan bahwa kebijakan pimpinan KPK saat ini, pengumuman tersangka akan dilakukan saat penangkapan atau penahanan telah dilakukan.

"Perkembangan berikutnya nanti akan kami sampaikan," katanya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Lengkapi Bukti Tersangka Irzal Rizaldi, KPK Panggil Tiga Pejabat PT DI
Usai Geledah 5 Tempat, KPK Sita Bukti Dokumen Setelah OTT Bupati Kutai Timur
KPK Periksa Sopir dan Sekuriti Nurhadi
Ketua KPK: Korupsi Terjadi Karena Keserakahan, Kesempatan dan Hukuman yang Rendah
Respons KPK Soal Polisi Hentikan Kasus OTT Pejabat Kemendikbud dan UNJ
KPK Endus Modus Kepala Daerah Pakai Duit Covid-19 Buat Pencitraan Pilkada

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami