Geledah Rumah Terduga Teroris, Densus Sita 4 Panci Rangkaian Kabel dan Bahan Peledak

PERISTIWA | 20 November 2019 16:04 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri menggerebek sebuah rumah di Dusun Ngunut Tengah, Desa Ngunut, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, DIY, Rabu (20/11). Densus 88 menggerebek rumah yang ditempati Markino (47) bersama istri dan seorang anaknya.

Ketua RW setempat, Sunarto melihat Densus 88 datang ke rumah Markino sekitar pukul 09.30 WIB. Sesaat setelah datang, ada petugas dari Densus 88 yang mendatangi Sunarto dan meminta untuk ikut serta menyaksikan penggeledahan di rumah Markino.

"Saya diajak untuk ikut ke rumah Markino. Yang digeledah ada di warung (rumah depan) dan rumah belakang," ujar Sunarto.

Sunarto menerangkan ada beberapa benda yang dibawa Densus 88. Benda didapat dari penggeledahan di rumah Markino.

"Tadi ada panci yang isinya ada rangkaian kabel dan bahan peledak. Jumlahnya ada empat. Selain itu juga ada bahan peledak lainnya," ungkap Sunarto.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, sejumlah personel dari Gegana Brimob Polda DIY sempat keluar dengan membawa kantong-kantong plastik warna hijau berukuran besar. Ada kurang lebih 12 kantong yang dibawa keluar dari rumah Markino.

1 dari 1 halaman

Dikenal Tertutup

Salah seorang tetangga, Supoyo mengatakan bahwa Markino adalah warga pendatang di dusunnya. Markino diketahui merupakan warga Purworejo.

"Ya sudah lama tinggal di sini. Sudah belasan tahun. Istrinya yang asli Ngunut Tengah," ujar Supoyo.

Supoyo mengungkapkan sosok Markino dikenal oleh warga setempat sebagai sosok yang tertutup. Markino pun juga dinilai jarang bersosialisasi dengan warga setempat.

"Tidak pernah sosialisasi sama warga sini. Kalau kerja bakti juga tidak kelihatan. Kenduren juga gak pernah datang," ungkap Supoyo.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Densus 88 menggerebek sebuah rumah di Gunungkidul. Saat penggerebekan ini sejumlah personel Densus 88 tampak mengamankan lokasi. Sekitar pukul 12.00 WIB, sempat terdengar satu kali suara letusan tak jauh dari lokasi rumah yang digerebek.

Tampak juga di lokasi sebuah mobil penjinak bom (Jibom) milik Gegana Brimob Polda DIY. (mdk/noe)

Baca juga:
Pemilik Rumah di Gunungkidul Yang Digerebek Densus 88 Pendatang dan Dikenal Tertutup
Densus 88 Gerebek Sebuah Rumah di Gunungkidul
Usai Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan, Densus 88 Ciduk 74 Teroris
Densus 88 Tangkap 71 Orang Usai Peristiwa Bom Medan
Anggota Densus 88 yang Ditusuk Terduga Teroris Masih Dirawat di RS Bhayangkara
Jumlah Tersangka Bom Bunuh Diri Mapolrestabes Medan Bertambah Jadi 30 Orang

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.