Gelombang tinggi di Laut Selatan Jawa diperkirakan hingga minggu depan

PERISTIWA » MALANG | 30 Juli 2018 22:30 Reporter : Dian Ade Permana

Merdeka.com - Gelombang tinggi di perairan Laut Selatan Jawa Tengah diperkirakan bakal terjadi sampai sepekan ke depan. Iis Harmoko, Kepala Seksi Data Dan Informasi Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Kota Semarang menyatakan ombak setinggi 4-6 meter di perairan selatan Jawa Tengah dipicu menguatnya angin timuran saat memasuki puncak musim kemarau.

"Perkiraan masa gelombang tinggi di perairan Samudera Hindia wilayah selatan Jawa Tengah tetap akan muncul hingga tujuh hari ke depan. Perkembangan kondisinya di sana akan diupdate setiap hari," kata Iis, Senin (30/7).

Menurut dia, menguatnya angin timuran juga disebabkan adanya perbedaan tekanan udara yang tinggi antara bagian bumi selatan (selatan ekuator) dan bumi utara (utara ekuator).

Tak hanya itu saja, faktor lainnya yaitu pola tekanan udara rendah juga berada di wilayah Samudera Hindia. Sehingga menjadi sumber daerah angin dengan kecepatan tinggi. "BMKG akan mengupdate terus perkembangannya," terangnya.

Dia juga mengimbau nahkoda kapal tongkang diminta untuk meningkatkan kewaspadaan saat mengarungi perairan Laut Selatan Jawa Tengah. Sebab beberapa terakhir ombak perairan Laut Selatan Jawa Tengah terpantau sangat tinggi.

Dari laporan kantor Meteorologi Cilacap, ombak di sepanjang bibir pantai selatan Jawa Tengah telah mencapai 4 meter sampai 6 meter. (mdk/rzk)

Baca juga:
Abrasi pantai akibat gelombang pasang
Efek fenomena alam pasca-gerhana bulan, harus waspada
Dihantam gelombang, jembatan menuju Pulau Ismoyo di Malang rusak
Gelombang tinggi rusak sejumlah fasilitas wisata di Gunungkidul
Pantai Kuta ditutup karena ombak besar, turis dilarang berenang
Tak bisa melaut karena cuaca buruk, nelayan tetap dapat penghasilan lewat program ini

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.