Gempa 5,1 SR guncang Laut Sawu Kupang

Gempa 5,1 SR guncang Laut Sawu Kupang
PERISTIWA | 4 Desember 2017 20:39 Reporter : Ananias Petrus

Merdeka.com - Gempa bumi berkekuatan 5, 1 Skala Richter guncang wilayah Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (4/12). Getaran gempa dirasakan hingga Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka.

Gempa tektonik ini terjadi di Laut Sawu pada pukul 18.52 WIB. Hasil analisis BMKG Penfui Kupang menyatakan, episenter terletak pada 9,85 Lintang Selatan dan 122,93 Bujur Timur, tepatnya di laut pada jarak 65 Kilometer arah Barat Laut Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, pada kedalaman 61 Kilometer.

Jhonly Hawu, Staff Observer Stasiun Geofisika Kupang mengatakan, dampak gempa bumi berdasarkan peta tingkat guncangan atau shakemap BMKG menunjukkan, bahwa wilayah yang berpotensi terdampak mengalami guncangan antara lain, Kabupaten Kupang, Kota Kupang dan Kabupaten Rote Ndao pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II MMI.

"Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia, di kedalaman menengah. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu adanya penyesaran naik (thrust fault)," katanya.

Hingga pukul 19.13 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan, namun laporan masyarakat bahwa guncangan dirasakan hingga Maumere, Kabupaten Sikka.

"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Kupang, Kota Kupang dan daerah yang terdampak, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawab, karena gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," harap Jhonly. (mdk/gil)

Baca juga:

Gempa 4,1 SR guncang Karo, warga diimbau waspada

Bali sering diguncang gempa meski Gunung Agung tenang, ini penjelasannya

Gempa di darat guncang Sigi Sulteng, warga berhamburan keluar rumah

Ujian universitas Korsel ditunda karena gempa, mahasiswa kecewa berat

Meratapi kondisi wilayah paling parah terkena dampak gempa Iran

Sabtu pagi, gempa 6,9 SR guncang Tibet

Pakar geologi memperkirakan tahun depan bakal terjadi banyak gempa bumi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menolak Bahaya Lebih Baik Daripada Mengejar Manfaat

5