Gempa Guncang Wilayah Kudus Jawa Tengah, Belum Ada Laporan Kerusakan

PERISTIWA » MALANG | 22 Mei 2019 15:47 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Gempa akibat pergerakan sesar lokal mengguncang wilayah Kudus, Jawa Tengah, pukul 11.30 WIB. Gempa dirasakan di Kabupaten Jepara dan Demak.

"Gempa terasa di Kabupaten Jepara, Kudus hingga Demak. Dari analisa BMKG diperoleh parameter gempa bumi dengan kekuatan M=4.2 SR pusat gempa bumi ini berada di darat pada koordinat 6.69 lintang selatan dan 110.78 bujur timur, sekitar 14 KM barat Laut Kudus Jawa Tengah, pada kedalaman hiposenter 10 kilometer," kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, Rabu (22/5).

Dia menyebut getaran gempa sangat terasa tiga wilayah pada titik koordinat II-III MMI. "Saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi. Namun atas kejadian tersebut belum ada laporan kerusakan," ujarnya.

Pihaknya masih terus memonitoring lokasi tersebut untuk memastikan aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat setempat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Lebih baik pantau saja kanal informasi resmi milik kami di media sosial," tutupnya.

Baca juga:
Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Kawasan Pangandaran
Gempa Magnitudo 4.9 Guncang Malang, Getaran Terasa Hingga Blitar dan Pacitan
Ratusan Kali Gempa Guncang Pulau Sumba, Ini Penyebabnya
Bula Maluku Diguncang Gempa, Masyarakat Diminta Tak Percaya Isu Hoaks
Gempa Bermagnitude 4,6 Guncang Gorontalo
Gempa Guncang Kepulauan Mentawai dan Donggala
Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Kawasan Selatan Jepang

(mdk/lia)

TOPIK TERKAIT