Gempa Magnitudo 3,9 Guncang Tarakan

Gempa Magnitudo 3,9 Guncang Tarakan
ilustrasi gempa. ©2020 Merdeka.com
NEWS | 21 September 2021 22:23 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Gempa bumi tektonik bermagnitudo 3,9 mengguncang wilayah kota Tarakan di Kalimantan Utara malam ini. Belum ada laporan terkait kerusakan yang ditimbulkan akibat peristiwa itu.

Gempa terjadi pukul 20:29:48 WITA pada koordinat episenter 3.12 Lintang Utara (LU) dan 117.66 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi 27 km Tenggara Tarakan, pada kedalaman hiposenter 10 km.

"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal," kata Kepala Stasiun Geofisika Manado Tony Agus Wijaya, melalui keterangan tertulis, Selasa (21/9) malam.

Tony menerangkan, dari laporan masyarakat gempa bumi ini dirasakan di Tarakan dengan intensitas III-IV MMI dengan kondisi dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, hingga dinding berbunyi.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulakan gempa bumi tersebut. Sampai jam 8.55 malam ini hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," ujar Tony.

Tony meminta masyarakat di wilayah Tarakan, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya terkait peristiwa itu.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. Baik itu Instagram, twitter, serta website BMKG," kata Tony. (mdk/gil)

Baca juga:
Sesjen Wantannas Dalami Potensi Kedaruratan Gempa dan Tsunami di NTB
Gempa Dangkal Mengguncang China
Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Wilayah Laut Bolaemo Sulawesi Utara
Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Boalemo, Aktivitas Warga Tetap Normal
Kabupaten Agam Sumbar Diguncang Gempa 5,3 Magnitudo
BMKG Peringatkan Kabupaten Pacitan Siapkan Skenario Terburuk Tsunami

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami